10 Buah untuk Penderita Diabetes

Buah untuk penderita diabetes tentu berbeda dengan buah-buah yang dapat dikonsumsi mereka yang tidak menderita penyakit tersebut. Meskipun buah-buahan sehat dikonsumsi sehari-hari, namun tidak demikian halnya bagi mereka yang memiliki penyakit diabetes.

Penderita diabetes wajib menjaga makanan yang mereka konsumsi sehari-hari. Kandungan gula harus dipertimbangkan sebaik-baiknya agar kondisi gula darah tetap berada dalam batas normal. Termasuk gula alami dalam buah-buahan.

Loading...

Penderita diabetes jangan langsung bersedih hati. Di antara makanan yang “pantang” Anda konsumsi, ada 10 jenis buah-buahan yang terbilang aman dilahap setiap hari. Berikut ke-10 buah-buahan tersebut.

1. Ceri

Ceri adalah buah berbentuk merah menyala yang sangat menggoda. Tingkat glikemik ceri maksimal hanya 20. Sehingga buah ini aman dan bermanfaat mengatur kadar gula darah.

2. Kiwi

Kiwi termasuk raja buah yang kaya manfaat. Buah ini diyakini mampu menurunkan tingkat gula darah penderita diabetes. Jangan pikir 2x untuk menginsumsi buah ini!

3. Jambu Biji

Selain untuk mengatasi diare, jambu juga ampuh mengontrol kadar gula darah. Kandungan vitamin A, vitamin C, dan serat sangat tinggi. Sementara itu, Indeks Glikemiknya tergolong rendah.

4. Persik

Buah Persik tergolong sukar ditemukan. Namun, jika di sekitar Anda banyak pedagang buah yang menjualnya maka buah ini bisa dijadikan kudapan pemanis mulut sehabis makan bagi penderita Diebetes.

5. Berries

Buah-buahan yang tergolong dalam berries seperti stroberi dan raspberi. Penderita diabetes sangat dianjurkan mengonsumsi buah-buahan dalam kelas berries ini.

6. Nenas

Nenas tergolong buah dengan fungsi anti inflamasi dan anti virus yang sangat baik. Bukan hanya untuk penderita diabetes saja buah bermahkota ini baik untuk dikonsumsi, tapi juga penderita kanker.

7. Apel

Apel dipercaya mampu membersihkan sistem pencernaan, meluruhkan lemak, dan menunda lapar. Zat antioksidannya ampuh menjaga kadar kolesterol. Oleh karena itu buah apel sangat baik disertakan sebagai menu diet bagi penderita diabetes.

8. Pepaya

Buah berdaging lembut dan kaya mineral ini, cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes dan sembelit. Kelembutan dagingnya mampu mendinginkan perut dan mempercepat proses pencernaan dalam tubuh.

9. Pir

Pir mengandung vitamin dan serat yang efektif mengatur timbunan lemak sekaligus kadar gula darah dalam tubuh. Selain itu, kandungan air dalam pir sangat menyegarkan dan mengurangi rasa haus bagi penderita diabetes.

10. Nangka

Nangka kaya akan vitamin C dan A. Secara klinis, buah ini terbukti efektif meningkatkan resistensi insulin di dalam tubuh. Namun, sebaiknya nangka tidak dikonsumsi dalam kondisi perut kosong.

Itulah 10 jenis buah untuk penderita diabetes yang dpaat dikonsumsi sehari-hari. Semoga artikel ini membawa manfaat besar bagi Anda yang membutuhkannya.

Loading...
Selanjutnya : Berapa Lama Biji Strawberry Tumbuh Sejak Tanam
Sebelumnya: Buah yang Dianjurkan untuk Diabetes
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar