Artikel 10 Contoh Teater Nusantara


Indonesia memang kaya dengan kebudayaan, suku, dan ras, seperti seni teater. Seni teater adalah suatu seni drama yang diperankan oleh beberapa orang yang lebih ditekankan pada pemerannya. Teater berbeda dengan drama pada umumnya. Teater ini berupa pertunjukan yang ada di dalam gedung dan di atas pentas. Sedangkan teater nusantara adalah teater yang berkembang dan hanya ada di Nusantara. Teater nusantara banyak sekali ragamnya. Berikut ini 10 contoh teater nusantara.

Teater Nusantara

Teater nusantara yang pertama adalah Ketoprak. Ketoprak berasal dari provinsi Jawa Tengah. Dalam cerita ketropak selalu menceritakan dongeng dan sejarah, tetapi diiringi dengan lawak dan membuat para penonton geli.

Ciri-ciri ketoprak seperti bahasa (biasanya mengunakan bahasa jawa), latar cerita berunsurkan cerita legenda dan sejarah. Yang kedua contoh dari teater adalah Ludruk. Ludruk berasal dari Jawa Timur. Pertunjukkan ludruk ini biasanya menceritakan kehidupan sehari-sehari, ada lawakan dan juga ada iringan musik gamelan.

Contoh berikutnya adalah Wayang. Wayang kesenian asal Jawa, ada dua macam wayang. Wayang yang berasal dari kulit hewan yang dibentuk seperti tokoh dalam cerita Jawa (arjuna, petrok, gareng, dll) dan wayang orang.

Makyong dan Drama Gong

Makyong, berasal dari pulau Bintan-Riau. Biasanya ditampilkan dalam pergelaran. Makyonng ini dulunya berupa tarian yang diadakan di Istana. Selanjutnya adalah Drama Gong, kesenian yang dibilang baru lahir. Drama gong ini berasal dari pulau Dewata, yaitu Bali. Dalam kesenian Drama Gong ini ada percampuran kesenian dari barat dan juga dari Bali.

Selanjutnya Randai, berasal dari Minangkabau, Sumatera Barat. Biasanya dimainkan beberapa orang seperti halnya menari dan bernyanyi yang menceritakan kebudayaan Minangkabau. Berikutnya kesenian Mamanda, kesenian ini berasal dari kalimantan Selatan. Bentuk dari Mamanda hampir mirip dengan Lenong.

Contoh teater selanjutnya adalah Longser, berasal dari Sunda, Jawa Barat. Pada teater ini lebih menekankan pada gerak tariannya. Biasanya disebut dengan ogel atau doger.

Mereka mengenakan kostum tersendiri seperti pada orang laki-laki mengenakan baju kampret dan celana sontog, serta ikat kepala. Sedangkan perempuan mengenakan kebaya dan kain samping batik. Teater yang lainnya seperti Lenong, Ubruk, dan Randai.

Itulah 10 contoh teater nusantara dan Anda dapat mempelajari kebudayaan daerah melalui teater nusantara tersebut. Marilah kita lestarikan kebudayaan bangsa kita bersama-sama.

Selanjutnya : Buku Abraham Maslow Mengenai Ekonomi dan Teori Hierarki
Sebelumnya: Ada 10 Cara Penanganan Limbah Padat
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar