10 Macam Monokotil dan Dikotil


Contoh tumbuhan 10 macam monokotil dan juga dikotil mudah kita temui di sekitar kita. Tumbuhan memang terdiri atas dua jenis yaitu monokotil dan dikotil. Monokotil merupakan tumbuhan berkeping tunggal sedang dikotil merupakan tumbuhan berkeping dua. Pembahasan lebih lanjut tentang kedua jenis tumbuhan tersebut dapat kita simak dalam bahasan berikut ini.

Tumbuhan Monokotil

Tumbuhan berkeping tunggal atau monokotil merupakan jenis tumbuhan yang banyak berguna bagi manusia. Tumbuhan jenis ini banyak yang dijadikan bahan pangan, bahan baku industri, pakaian, zat pewarna, bahkan sumber energi. Ciri-ciri tumbuhan monokotil yaitu berakar serabut, tulang daun sejajar, dan memiliki satu daun lembaga.

Ada sekitar 50 ribu lebih tumbuhan yang termasuk ke dalam tumbuhan monokotil. Berikut ini contoh dari 10 macam monokotil:

a. Jagung

Jagung adalah salah satu tumbuhan berkeping tunggal. Manfaat utama dari jagung adalah sebagai sumber pangan. Selain dimasak, jagung juga dapat dijadikan sebagai minyak.

b. Kelapa

Kelapa juga merupakan tumbuhan berkeping tunggal. Banyak sekali manfaat dari kelapa, mulai dari buahnya, batangnya, dan juga daunnya.

c. Bawang Merah

Bawang merah biasa digunakan sebagai pelengkap masakan. Bawang merah baik bagi kesehatan juga.

d. Nanas

Nanas merupakan tumbuhan buah yang termasuk tumbuhan monokotil. Nanas dapat dimakan langsung atau diolah lagi dengan mengambil sarinya.

e. Padi

Beras berasal dari tanaman padi. Di Indonesia beras merupakan sumber makanan pokok yang diolah menjadi nasi.

f. Pisang

Pisang merupakan buah yang terdiri dari beragam jenis, ada pisang agung, pisang kepok, pisang mas, dan lain-lain.

g. Bunga Matahari

Bunga matahari juga merupakan tumbuhan monokotil yang dapat dimanfaatkan bijinya.

h. Buah Naga

Buah naga saat ini cukup populer. Selain rasanya yang enak, buah ini juga baik bagi kesehatan.

i. Kurma

Tanaman yang berasal dari Arab ini juga berkeping tunggal. Di Indonesia, buah kurma ini cukup populer di kalangan muslim.

j. Anggur

Tumbuhan anggur cabangnya merambat dengan buah yang menggantung. Selain sebagai buah, anggur dapat dijadikan menjadi minuman.

Tumbuhan Dikotil

Tumbuhan dikotil merupakan tumbuhan berkeping dua. Biji dari tumbuhan dikotil mudah dibagi dua, berbeda dengan biji pada tumbuhan monokotil. Contoh dari tumbuhan ini antara lain:

a. Durian
b. Ketela pohon
c. Kacang hijau
d. Kamboja
e. Karet
f. Putri malu
g. Flamboyan
h. Jambu batu
i. Kacang tanah
j. Jeruk

Tumbuhan yang berjenis dikotil maupun monokotil sama-sama memiliki manfaat yang dapat digunakan oleh manusia. Contoh 10 macam monokotil dan dikotil tersebut hanya sebagian kecil dari jenis tumbuhan lainnya.

Selanjutnya : Memahami Fungsi Hutan Bagi Kehidupan
Sebelumnya: Perawatan Burung Anis Kembang
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar