13 Tokoh Ilmuwan Islam Dan Sumbangannya

Tokoh-tokoh Islam banyak memberi sumbangan di dalam kehidupan manusia. Ilmu pengetahuan menjadi berkembang di zaman ini karena keuletan para ilmuwan Islam. Ilmu pengetahuan yang ada di Barat dan diakui negara Barat sebenarnya merupakan penemuan dari ilmuwan Islam. Berikut ini merupakan ringkasan 13 tokoh ilmuwan Islam dan sumbangannya di bidang kedokteran, matematika, sains, sejarah, geografi dan pelayaran.

Tokoh-tokoh Ilmuwan Islam

Ilmuwan Islam yang menyumbang di dunia kedokteran yaitu Ibnu Sina mengarang kitab Al Qanun Fi Al-Tibb yang berisi tentang penyakit dan pengobatan. Abu Bakar Muhammad bin Zakaria ar Razi menemukan alergi dan imunologi serta Az Zahra mengembangkan ilmu kedokteran gigi.

Ilmuwan Islam di dunia matematika, sains, astronomi, dan sejarah yaitu Al-Khawarizmi yang dikenal sebagai bapak ilmu aljabar. Ibnu Haitham yang mengilhami terciptanya mikroskop dan teleskop, serta Jabir Ibnu Hayan menemukan ilmu kimia.

Ilmuwan Islam di bidang sejarah dan geografi yaitu Ibnu Khaldun, yang juga merupakan bapak pendiri filsafat sejarah dan fisiologi. Abu Abdullah Muhammad Al-Idrisi menulis tentang ensiklopedi geografi, Piri Reis menciptakan peta dunia, Al Idris ahli peta bumi dan menciptakan kompas, serta Yaqut Hawami membuat kamus geografi.

Ilmuwan Islam di bidang pelayaran adalah Ibnu Battutah yang membuat daftar sosiologi dan koordinat di wilayah China, Srilanka, India, dan Rusia selatan. Ibnu Majid menulis buku navigasi bagi pilot dan pelaut.

Berkat sumbangan pemikiran dari tokoh ilmuwan Islam, kehidupan manusia menjadi lebih mudah. Sejarah telah membuktikan bahwa dunia Islam telah melahirkan ilmuwan yang sangat hebat. Banyak penemuan dan tokoh ilmuwan Islam yang tidak diketahui karena penemuan tersebut banyak yang diakui oleh dunia Barat sebagai penemunya.

Ilmuwan Islam sangat berpengaruh. Ilmuwan Islam dapat menguasai bermacam-macam bidang dalam waktu yang singkat. 13 tokoh ilmuwan Islam dan sumbangannya di atas membuktikan bahwa ilmuwan Islam mempunyai kecerdasan tinggi. Ilmuwan Islam senang membagikan ilmunya untuk kemaslahatan umat di dunia. Penemuan ilmuwan Islam merupakan cikal bakal perkembangan ilmu pengetahuan yang dipakai hingga sekarang ini dan sangat berguna bagi kehidupan manusia.

Loading...
Selanjutnya : Membaca dan Menyimpan dari Situs Buku Online
Sebelumnya: Pilihan Denah Surabaya Menuju Malang Jatim Park 1
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar