Ada 20 Pulau Terbesar di Indonesia Dalam Kacamata Seni


Indonesia memiliki ribuan pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Data jumlah pulau di Indonesia tidak memiliki ketetapan yang jelas, namun pada tahun 2007 Indonesia mendaftarkan jumlah pulaunya ke badan PBB sebanyak 13.487. Jumlahnya lebih sedikit dari jumlah pulau yang kita ketahui sebelumnya. Di antara ribuan pulau ini ada 20 pulau terbesar di Indonesia yang cukup terkenal.

Sebagaimana kita ketahui ada lima pulau terbesar yang menjadi main island, yaitu Jawa, Papua, Kalimantan, Sulawesi, dan Sumatera. Bahkan pulau Papua, Kalimantan, dan pulau Sumatera masuk dalam 10 besar pulau terbesar di dunia. Soal seni pulau Jawa menjadi tujuan yang tidak habis-habis untuk dieksplorasi. Film Java Heat khusus mengambil setting di Yogyakarta, Magelang, dan sekitarnya serta berlatang belakang isu kraton Yogya.

Di antara kelima main island ini adakah pulau-pulau besar lain di Indonesia yang cukup berpengaruh dalam kacamata seni? Urutan 15 pulau terbesar di Indonesia yang lain, yaitu pulau Halmahera, pulau Seram, pulau Flores, pulau Sumbawa, pulau Bangka, Pulau Sumba, pulau Buru, Pulau Bali, pulau Lombok, pulau Madura, pulau Belitung, pulau Nias, pulau Buton, pulau Wetar, pulau Siberut.

Kelima belas pulau ini merupakan pelengkap dari beberapa pulau terbesar di Indonesia. Dari kelima belas pulau ini yang cukup terkenal di dunia internasional adalah pulau Bali sebagai pulau pariwisata yang menjadi tujuan wisatawan asing. Keeksotisannya dan kekayaan budayanya membuat pulau Bali tetap diminati sampai saat ini. Saking indahnya pulau ini juga menjadi sasaran pembuatan film berkelas internasional semacam Eat, Love, and Pray yang dibintangi Julia Robert.

Jika menilik soal sejarah kelam Indonesia, maka pulau Burulah yang dituju. Di sana lahir naskah-nasakah mumpuni dari Pramoedya Ananta Toer. Pulau ini merupakan bekas pulau bagi tahanan politik pada masa Soeharto.

Pulau-pulau yang sering menjadi inspirasi bagi karya seni antara lain pulau Belitung yang merupakan setting dari novel Laskar Pelangi yang fenomenal. Sementara untuk karya film masih ada pulau Lombok yang menjadi tujuan syuting film Leher Angsa. Masih banyak lagi 20 pulau terbesar di Indonesia yang mempunyai warisan seni dan budaya daerah.

Selanjutnya : Kode Etik Profesional PR yang akan Meningkat
Sebelumnya: Kliping Olahraga Kasti
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar