3 Hadits Pendek tentang Zakat Fitrah


3 hadits pendek tentang zakat fitrah patut diketahui setiap muslim. Zakat fitrah adalah sebuah kewajiban yang harus dibayarkan jika orang tersebut mampu. Zakat fitrah yang dibayarkan adalah zakat fitrah yang menjadi makanan pokok setempat, bisa berupa beras, jagung, ketela, sagu, roti, dan lain-lain. zakat fitrah tersebut dimaksudkan untuk menyucikan jiwa. Sedang yang diberi zakat fitrah adalah orang yang tidak mampu, orang yang dalam perjalanan, dan lain-lain. ketentuan semua itu, ada dalam. Hadist tersebut bisa menjadi dasar untuk melakukan zakat fitrah.

Banyak orang yang sudah mengetahui hadist-hadist apa saja terkait dengan zakat fitrah. Namun bagi yang belum mengetahuinya bisa membaca di Al-Qur’an juga di kumpulan hadist. Dasar tentang zakat fitrah dapat ditemukan pada surat At-Taubah. Pada intinya zakat fitrah adalah menyucikan diri atau kembali ke fitri, dan kembali suci lagi. Zakat difitrah dilakukan ketika akhir puasa ramadhan, dan sudah  harus habis dibagikan sebelum sholat ied Idul Fitri.

Bagi yang beragama islam namun belum pernah berzakat, sebaiknya mencari informasi tentang hadist dan juga tentang ayat-ayat yang merupakan dasar berzakat. Karena jika berzakat dengan berdasar tiga hadits pendek tentang zakat fitrah atau pun dengan ayat-ayat Al-Qur’an akan jauh

Selain itu, sering-sering datang ke acara pengajian, agar pengeetahuan mengenai kewajiban di dalam agama islam menjadi bertambah. Membaca buku atau dengan mendengarkan tausiah di tv lebih mudah dilakukan tanpa harus pergi dari rumah. selain itu waktunya pun lebih mudah disesuikan dengan jadwal pekerjaan rumah dan jadwal pekerjaaan. Selain itu di radio juga sering ada acara pengajian. Apalagi sekarang-sekarang ini mendekati bulan ramadhan dan

Maka akan lebih sering hal-hal yang terkait dengan puasa dan hal-hal yang terkait dengan zakat fitrah menjadi tema yang dibicarakan dalam berbagai tausiah ataupun pengajian. Jangan sia-siakan hal tersebut, agar mendapat ilmu yang banyak serta bermanfaat dari berbagai sumber dan dari berbagai cara, namun juga harus berdasar kepada Al-Qur’an dan juga hadist.  Dengan 3 hadits pendek tentang zakat fitrah diharapkan semakin memperkuat dasar dalam melakukannya.

Selanjutnya : Melakukan Keselamatan Kerja dalam Merakit Komputer
Sebelumnya: Berkeliling Eropa
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar