3 Ranah Tempat Kearifan Lokal Suku Sunda

Kearifan lokal merupakan gagasan atau nilai, pandangan setempat (lokal) yang bersifat penuh kebijaksanaan, kearifan, nilai positif yang ditanamkan dan diikuti oleh seluruh anggota masyarakatnya. Bagi penduduk yang menganut kearifan lokal yang tinggi, akan selalu bersumber pada alam dan manusia akan hidup selaras jika manusia menghargai keberadaan Tuhan sebagai pencipta. Di samping itu, ada 3 ranah tempat kearifan lokal Suku Sunda yang ada di Jawa Barat.

Suku Sunda merupakan salah satu suku terbesar di Indonesia. Banyak daerah atau tempat yang berada di provinsi Jawa Barat dan Banten yang masih menerapkan kearifan lokal yang tinggi. Misalnya, masyarakat Baduy di Banten, masyarakat Kampung Naga, dan Sumedang Larang.

Masyarakat Baduy

Masyarakat Baduy merupakan masyarakat tradisional yang masih memegang adat tradisi suku Baduy. Suku ini terdapat di Provinsi Banten dan termasuk 3 ranah tempat kearifan lokal Suku Sunda. Suku Baduy mendiami kawasan tempat Pegunungan Keundeung, Desa Kanekes, Leuwidamar, dan Kabupaten Lebak.

Banyak nilai-nilai kearifan lokal yang bisa ditiru pada masyarakat ini. Masyarakat Baduy sangat menjaga keseimbangan dan keselarasan kehidupan alam. Mereka hidup secara damai dan aman tanpa mengganggu ekosistem alam yang ada. Bahkan, mereka tak mengenal teknologi yang dianggap akan membuat alam terganggu.

Kampung Naga dan Sumedang Larang

Kampung Naga adalah sebuah kampung kecil yang letaknya berada di Desa Neglasari Kecamatan Salawu Kabupaten Tasikmalaya. Kampung Naga memang hanyalah sebuah kampung kecil, tetapi potensi budaya yang dimilikinya sangat besar. Kearifan lokal di kampung ini menjadikan kawasan tersebut dilirik sebagai tempat wisata. Keberadaan kampung Naga sudah terkenal ke penjuru luar negeri.

Hal yang menarik dalam kehidupan suku Naga ialah masih menanamkan nilai-nilai lokal yang menyatu dengan alam. Terbukti dengan bentuk bangunan yang seragam dihiasi atap rumah yang terbuat dari ijuk. Letak rumah-rumah berjejer teratur menghadap arah utara– selatan dan dibatasi oleh Sungai Ciwulan.

Satu lagi suku Sunda yang menjunjung nilai kearifan lokal adalah Sumedang Larang yang berada di Sumedang. Masyarakat Sumedang Larang mempunyai kebiasaan unik yang selalu berpakaian hitam, terutama dalam acara-acara tertentu.

Demikian sekilas penjelasan mengenai 3 ranah tempat kearifan lokal suku Sunda. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Selanjutnya : Ciri-ciri Akan Datangnya Dajjal
Sebelumnya: Membuat Contoh Bagan Struktur Organisasi Perusahaan Beserta Fungsinya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...