3M Mencegah Demam Berdarah


Musim penghujan dan pada masa pancaroba adalah masa penyakit demam berdarah. Akan banyak berita tentang korban demam berdarah yang berjatuhan. Bahkan, kalau korban yang jatuh terlalu banyak, maka pemerintah akan menetapkan KLB alias Kejadian Luar Biasa. Upaya mencegah korban DBD jatuh terus diupayakan. Salah satunya dengan gerakan 3M mencegah demam berdarah.

Mudah Dilakukan, Tapi Masih Malas Melakukan

Entah lupa atau memang tidak mau melakukan, sebelum ada korban DBD yang jatuh. Namun, itulah kenyataan yang banyak terlihat di berbagai lingkungan. Kebersihan tidak dijaga. Membuang sampah tetap sembarangan. Ketika korban ada yang jatuh, baru ada gerakan untuk membersihkan semua sampah. Barang-barang yang dianggap bisa menampung air pun dikubur.

Tempat penampungan air dikuras agar jentik nyamuk terbuang dan mati. Lalu, semua penampungan air ditutup dengan rapat dan diberi abate. Kalau saja hal ini dilakukan sepanjang tahun, maka diharapkan bahwa tidak akan ada korban yang jatuh. Kesadaran ini memang harus digerakan.

Pemerintah tidak tinggal diam. Ada penyuluh lapangan dan pelopor pembunuh jentik nyamuk. Abate gratis pun disebarkan. Sayang, memang masyarakat terkadang tidak menanggapinya dengan serius. Padahal, penyakit demam berdarah ini bukan merupakan penyakit ringan. Untuk mengetahuinya saja membutuhkan waktu dan penanganan yang prima.

Menyasar Anak-Anak

Ada baiknya memang melibatkan anak-anak. Keberadaan mereka bisa menjadi pemicu gerakan 3M itu. Mereka pun akan ingat dan akan tertanam dalam benaknya, betapa pentingnya menjaga kebersihan dan menjaga diri dari serangan nyamuk pembawa virus demam berdarah.

Kalau diadakan lomba Gerakan Waspada DBD dan Gerakan 3M di berbagai tempat, termasuk di sekolah-sekolah, mungkin gerakan ini akan kian marak. Demi mencegah DBD itu, apa pun harus dicoba. Kesadaran itu tidak mudah didapatkan. Manusia selalu ingin yang mudah dan tidak mau repot. Mereka mungkin tahu. Namun, kalau tidak mau, bagaimana?

Setiap orang harus tahu dan mau melakukan 3M. Gambaran penderita DBD yang menakutkan dan kematian yang mungkin bisa terjadi, bisa dijadikan poster agar ada kesadaran yang lebih cepat. Gerakan 3M mencegah demam berdarah, harus menjadi gerakan nasional.

Selanjutnya : Tip Memilih Warna Cat Kamar Tidur
Sebelumnya: Mengenal Contoh Personal Web
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar