4 Tokoh dan Karakter Khulafah Rasyidin

Siapa saja 4 Tokoh dan Karakter Khulafah Rasyidin? Setelah Rosulullah meninggal kepemimpinan islam digantikan oleh sahabat Rosul. Mereka adalah orang-orang yang setia yang mempunyai akhlak yang mulia dan meneladani akhlak Rosul. Ada empat tokoh dan karakter khulafah rasyidin yang perlu kita ketahui.
Nama-nama khulafah rasyidin yaitu Abu Bakar Ash Shiddiq, Umar bin Khatthab, Ustman bin Affan, Ali bin Abi Thalib. Keempat nama tersebut adalah tokoh islam yang berjasa dalam penyebaran agama islam.
Setiap kholifah mempunyai gaya kepemimpinan masing-masing, bahkan mereka juga mempunyai karakter dan cara sendiri untuk menghadapi rakyatnya ataupun musuh.

1.  Abu Bakar Ash Shiddiq merupakan kholifah pertama kali setelah Rosulullah wafat. Sebelum memeluk agama islam Abu Bakar adalah orang yang menentang Rosulullah, tapi setelah masuk islam sangat setia dengan Rosulullah dan selalu membela dan melindungi Rosul. Karakter yang dimiliki Abu Bakar Ash Shiddiq adalah tegas, terbuka akan sebuah kritikan, menghormati utusan musuh dan tidak berbuat buruk, menjaga rahasia, sabar, tidak terburu-buru, pandai bernegosiasi, adil, suka bermusyawarah dan menghargai pendapat orang lain.

Loading...

2.  Umar bin Khatthab sebelum menjadi kholifah adalah seorang pedagang, setelah diangkat menjadi kholifah beliau sibuk mengurusi urusan Negara dan Pemerintahan. Beliau adalah kholifah kedua yang menerapkan hidup sederhana.
Karakter yang dimiliki Umar bin Khatthab adalah tegas, berwibawa, jujur, adil, telaten, amanah, sederhana, mencintai dan mengerti kondisi rakyatnya.

3.  Ustman bin Affan dipanggil dengan Abu Abdillah atau Abu’ Amr. Salah satu saudagar yang paling kaya dan memiliki ternak paling banyak diantara orang Arab lainnya. Bakat kepemimpinannya juga sudah terlatih karena terbiasa memimpin usaha dagang dan ternak.
Karakter yang dimiliki Ustman bin Affan adalah dermawan, menjalankan Al-Qur’an dan sunnah, teguh pendirian, lemah lembut, sopan, adil, bertanggung jawab, dan pandai.

4.  Ali bin Abi Tholib adalah menantu dari Rosulullah yang mempunyai kecakapan dalam ilmu pengetahuan dan mempunyai strategi perang yang bagus.

Karakter yang dimiliki Ali bin Abi Tholib adalah tegas, berpandangan jauh ke depan, berbicara sangat ringkat dan tepat, berwawasan luas, bermuhasabah dan bertafakur, suka mendahului salam, menghargai ahli agama.
Itulah 4 tokoh dan karakter khulafah rasyidin yang patut kita teladani. Perjuangan mereka menegakkan agama islam tidak perlu diragukan bahkan akhlak yang dimiliki patut kita contoh. Mereka adalah pemimpin yang bijaksana dalam memimpin rakyatnya.

Loading...
Selanjutnya : Batu Cadas Termasuk Batuan Plutonik
Sebelumnya: Manfaat Karikatur sebagai Kritik Sosial
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar