5 Kebutuhan Anak yang Harus Dipahami Orangtua

Setiap orangtua yang memiliki anak pastinya telah mengetahui berbagai kebutuhan dan keinginan dari buah hatinya. Tidak hanya kebutuhan-kebutuhan yang mereka inginkan, tetapi kebutuhan-kebutuhan yang layak mereka dapatkan.

Baik anak laki-laki atau perempuan sekalipun memiliki kebutuhan dan keinginan dalam kehidupan mereka. Sebaiknya, para orang tua mengetahui 5 kebutuhan anak yang layak mereka dapatkan setiap harinya.

Loading...

Cinta Tak Bersyarat

Setiap anak membutuhkan, menginginkan dan layak untuk mendapatkan cinta tanpa syarat dari orang tuanya. Mungkin ada hal-hal yang dilakukan anak yang tidak disukai orang tua, tetapi mereka perlu tahu bahwa orangtua menyayanginya.

Biarkan anak-anak tahu ketika mereka melakukan suatu kesalahan, tetapi pastikan mereka mengerti bahwa orangtua tidak menyukainya, atas apa yang mereka lakukan.

Penghormatan dari Orangtua

Sebagai orangtua, kita menginginkan anak menghormati kita. Begitu pula, anak menginginkan dan patut kita hormati juga. Ketika kita menunjukkan pada anak-anak bahwa kita menghormati mereka, kita lebih cenderung untuk mendapatkan hal yang sama dari anak kita. Kita perlu memberi contoh agar anak-anak kita mengikuti hal yang sama.

Aturan Hidup

Beberapa anak mungkin menyangkap bahwa mereka menginginkan aturan hidup sendiri, khususnya remaja, tetapi semua anak membutuhkan batasan-batasan dan menginginkanya jauh dari dalam lubuk hati.

Aturan menjaga anak aman dan membantu mereka untuk mempelajari kontrol diri. Bahwa orang dewasa harus mengikuti aturan, sehingga hal tersebut sangat baik untuk anak-anak untuk belajar sebelum mereka pergi keluar di dunia mereka sendiri.

Pujian untuk Prestasi

Ketika anak melakukan kesalahan, mereka harus diingatkan dan harus bertanggung jawab. Dengan cara yang sama, anak-anak membutuhkan untuk dipuji ketika mereka melakukan sesuatu yang baik.

Apabila anak hanya mendengar kesalahannya saja dan bukan prestasinya, mereka merasa tidak disayang. Biarkan anak Anda tahu ketika Anda bangga pada mereka dengan mengatakannya. Hal ini akan meningkatkan rasa percaya diri, yang baik bagi anak-anak.

Kebebasan untuk Menjadi Diri Sendiri

Anak-anak membutuhkan dan memerlukan kebebasan menjadi diri sendiri. Tidak ada yang salah dengan mengatakan kepada anak-anak bahwa mereka tidak bisa melakukan sesuatu atau Anda tidak setuju dengan mereka, tetapi mereka harus memiliki kemampuan untuk mengungkapkan perasaannya dengan bebas. Namun, pada akhirnya, setiap anak akan memutuskan sendiri siapa dirinya.

5 kebutuhan anak menjadi sebuah keharusan dan kewajiban orang tua. Tujuannya tiada lain dan tiada bukan untuk mempersiapkan anak-anak kita menjadi orang yang penuh tanggung jawab.

Kelak, mereka juga akan melakukan hal sama pada anak-anak mereka nantinya. Jadi, sebelum sampai pada saat itu alangkah baiknya kita sebagai orang tua membekalinya dengan hal-hal baik seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Loading...
Selanjutnya : Penyakit Kelebihan Protein
Sebelumnya: Macam-macam Lagu Daerah Batak Paling Populer di Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar