6 Macam Tusuk untuk Menjahit


Menjahit dengan cara konvensional dengan menggunakan tusuk, lebih memiliki nilai estetika yang tinggi dari pada menggunakan mesin jahit. Karena motif yang rumit pun bisa dilakukan dengan menggunakan teknik tusuk jahit.

Menjahit dengan menggunkan teknik tusuk jahit ini biasanya digunakan untuk menghias sebuah pakaian atau barang jahitan lainnya. Berikut adalah beberapa macam teknik tusuk dalam menjahit dan hiasan yang biasa digunakan.

Ragam Tusuk

Tusuk jelujur, merupakan teknik jahit dengan menggunakan tusuk jahit yang paling sederhana. Teknik dengan tusuk ini biasanya digunakan untuk membuat serutan atau menyatukan dua lembar kain agar sewaktu dijahit tidak bergeser. Kekuatan jahitan tusuk jelujur ini tidak terlalu kuat sehingga mudah hasil jahitan mudah diurai kembali.

Tusuk tikam jejak, merupakan tusuk jahitan yang hasinya apabila dilihat dari bagian atas tusuknya menyerupai jahitan mesin, namun apabila dilihat dari bawah seperti jahitan tangan.

Jarak antar tusukan bagian bawah dua kali dari jarak tusukan bagian atas. Teknik tusuk tikam jejak ini biasanya digunakan untuk membuat pola jahitan berupa garis, tangkai maupun batang pohon.

Tusuk rantai, yakni teknik tusuk jahitan yang digunakan untuk menghias dengan bentuk menyerupai rantai. Teknik tusuk rantai ialah tusukkan jarum pada bawah kain, kemudian tusukkan lagi ke bawah san ke atas disebelah tusukan pertama dengan melingkarkan benang, kemudian tarik sehingga benang melingkar pada hasil jarum dan membentuk pola menyerupai rantai.

Tusuk silang, yakni teknik tusuk jahitan dengan cara menusukkan jarum dari bagian atas kanan pola jahitan ke kiri bawah, kemudian ke kanan bawah (sejajar dengan tusukan pertama). Lalu, tusukan dimulai dari kanan bawah ke kiri atas dan seterusnya, maka akan tampak hasil jahitan yang menyilang.

Tusuk feston, yakni teknik tusuk menjahit yang diguankan unruk mengakhiri atau menyempurnakan tiras, seperti tiras pinggiran pakaian bayi ataupun lengan pada baju. Secara dasar teknik digunakan untuk merapikan hasil jahitan.

Tusuk flanel, yaknik teknik tusuk menjahit yang biasa digunakan untuk merekatkan atau mengelim bagian pinggir busana yang diobras. Pada umumnya teknik digunakan untuk modek busana dari bahan pakaian yang mahal.

Selain itu teknik ini juga bisa digunakan untuk menghias, misalnya untuk menghasilkan sulaman bayangan. Itulah sedikit informasi mengenai macam tusuk dalam teknik menjahit, semoga bemanfaat.

Selanjutnya : Menghitung Penjualan Bersih pada Perusahaan Manufaktur
Sebelumnya: Macam–macam Situs Jejaring Sosial
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar