7 Unsur Universal Suku Muyu

7 unsur universal suku Muyu merupakan penjabaran yang akan dibahas kali ini dengan harapan dapat membantu para pembaca tentang suku Muyu.

Mengenal Suku Muyu

Suku Muyu adalah suku asli Papua yang hidup di Kabupaten Boven Digoel, Papua. Suku Muyu disebut primitive capitalists. Suku Muyu dikenal dengan sifatnya yang hemat serta suka bekerja keras.

Penduduk Muyu umumnya tinggal di seputar sungai besar, antara lain Sungai Kao dan Muyu yang disebut Amup serta di sekitar Sungai Fly dan Kao yang disebut Atmin.

7 unsur universal suku Muyu

1.   Keluarga Inti

Dikenal dengan sebutan namaretna dan nenimatanaya atau rumah tangga.  Keluarga inti di sini biasanya terdiri dari seorang pria, istri, dan anak-anaknya. Suku ini mengakui adanya poligami maka memungkinkan bahwa dalam satu rumah terdiri dari beberapa keluarga inti. Selain itu, yang termasuk keluarga inti di sini adalah mencakup anak yatim piatu atau anak yang dibeli.

2.   Tempat Tinggal

Keluarga inti boleh tinggal di rumahnya sendiri. Namun, keluarga inti kebanyakan menempati rumah tinggal bersama.
Rumahnya dibagi menjadi beberapa ruangan. Satu sebagai ruang bersama untuk para laki-laki dan satu atau lebih ruang bersama untuk perempuan. Biasanya, wanita dewasa memiliki ruang sendiri.

3.  Tempat Memasak

Setiap pria dan wanita memiliki tempat apinya sendiri untuk memasak makanan. Antara bagian wanita dan pria tersebut terdapat lobang dinding yang digunakan untuk menyodorkan makanan. Lubang ini pula dijadikan para wanita untuk melihat apa yang menjadi kegiatan atau aktivitas pria.

4.  Keadaan Rumah

Rumah dibangun di atas tanah dengan ketinggian 3-10 meter. Dibangun di atas  satu atau lebih tonggak pohon yang dipotong kemudian ditopang dengan beberapa tiang menyerupai rumah panggung yang terbuat dari  daun nibung. Rumah pohonnya disebut ayomru.

5.  Ciri Khas Pemukiman

Mempunyai bentuk pemukiman yang terpencar.  Setiap pemukiman penduduk hanya diisi dengan beberapa rumah saja.

6.  Mata Pencaharian

a.   Berburu

Baik binatang buruan yang besar maupun kecil hanya boleh diburu di tanah sendiri. Jika berburu di tempat orang lain, penduduk terlebih dahulu harus meminta izin. Akan tetapi, jika dalam sebuah perjalanan menemukan buruan, orang tersebut ini tidak perlu meminta izin.

b.  Menangkap ikan

Mencari ikan di bagian sungai yang menjadi hak milik orang lain memerlukan izin yang bersangkutan. Mengambil ikan di tempatnya sendiri jika memakai racun harus mendapat izin dari semua pemilik sungai yang ada di hilir.

c.  Berkebun dan produksi sagu

Setiap kepala keluarga inti menokok sagu miliknya sendiri, baik itu yang diwarisi maupun yang ditanam sendiri. Tetapi, jika menokok sagu dari orang lain pun saudaranya sendiri itu harus mendapat izin, biasanya dengan membayar 1 ot (bentuk alat bayar di suku Muyu).

7.   Bentuk kerja sama

a.  Membuat kebun

Selama si pemilik menyediakan makanan untuk pembantunya kemudian jika kebunnya telah menghasilkan, pemilik akan memberikan makanan untuk mereka. Pun sebaliknya kalau diminta, si pemilik harus membantu orang yang telah membantunya.

b.  Memelihara babi

Keluarga inti dapat menyuruh kerabat untuk memelihara babi dengan cara membeli babi dari kerabatnya. Kalau babi disembelih, si pemelihara akan mendapat bagian.

Semoga saja keunikan dari 7 universal suku Muyu ini tetap terjaga.***

Loading...
Selanjutnya : Aneka Kreasi Sayuran untuk Garnish Makanan
Sebelumnya: Lagu Girlband Kpop yang Enak Didengar (2NE1)
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar