8 Arah Mata Angin


Untuk dapat menggunakan navigasi, kompas, dan peta dengan baik maka kita perlu mengetahui 8 Arah Mata Angin. Kegunaan mata angin adalah untuk menentukan arah. Mata Angin Utama yaitu Barat dan Timur yang menentukan arah putaran bumi dan Utara dan Selatan yang membagi bumi menjadi dua kutub.

Letak 8 Mata Angin bila dilihat searah dengan jarum jam dan berpatokan pada Pusat Mata Angin yaitu: 1) Utara 00; 2) Timur Laut 450 yang berada diantara Timur dan Utara; 3) Timur 900; 4) Tenggara 1350 yang berada diantara Selatan dan Timur; 5) Selatan 1800; 6) Barat Daya 2250 yang berada diantara Barat dan Selatan; 7) Barat 2700; dan 8) Barat Laut 3150 yang berada diantara Utara dan Barat.

Jenis-Jenis arah mata angin yaitu: 1) Arah Mata Angin Tersier yang merupakan penggabungan mata angin primer dan mata angin sekunder misalnya Timur Timur Laut atau Barat Barat Daya; 2) Mata Angin Sekunder yaitu penambahan 4 arah mata angin diantaranya Tenggara, Timur Laut, Barat Laut, Barat Daya; 3) Mata Angin Primer yaitu Utara, Barat, Selatan, Timur.

Kompas adalah alat untuk mencari arah mata angin. Bagian-bagian kompas terdiri dari: a) kaca pembesar; b) gantungan kompas; c) tutup dial/garis sudut 450; d) visir adalah alat bidik mata angin; e) dial adalah angka-angka yang tertera di kompas.

Cara menggunakan kompas yaitu dengan memegang kompas secara statis atau meletakkan kompas pada bidang datar, kemudian tembakkan visir untuk menentukan objek sasaran, gunakan kaca pembesar untuk mengecek angka di garis visir, dan angka tersebut adalah arah mata angin yang dicari.

Cara menghafal arah mata angin dengan menyanyikannya melalui sebuah lagu berikut ini: “Timur, Tenggara, Selatan, Barat Daya, Barat, Barat Laut, Utara, Timur Laut”. Cara mengetahui arah mata angin tanpa menggunakan kompas dengan menggunakan bayangan tongkat dan rasi bintang.

Arti 8 penjuru mata angin dalam Feng Shui Cina. Timur letak keberuntungan kesehatan. Tenggara posisi keberuntungan kekayaan/uang. Selatan mewakili keberuntungan kekuasaan/popularitas. Barat Daya adalah keberuntungan romantika/percintaan/keharmonisan keluarga. Barat mewakili keberuntungan keluarga/keturunan/anak-anak. Barat Laut letak pertolongan dari langit. Utara posisi keberuntungan bisnis/karir. Timur Laut letak keberuntungan pendidikan.

Demikian informasi mengenai 8 Arah Mata Angin. Semoga bermanfaat dan dapat diaplikasikan dalam keseharian.

Selanjutnya : Cara Menghilangkan Sakit Hati Karena Ditolak
Sebelumnya: Arti Mimpi Dikejar dan Digigit Anjing
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar