9 Pekerjaan Paling Diminati di Indonesia


Pembaca, dewasa ini bekerja bukan lagi menjadi kegiatan monoton yang sehari-hari dilakukan manusia untuk mencari uang semata untuk memenuhi kebutuhan hidup. Namun bekerja juga menjadi sebuah keharusan untuk mencapai kepuasan tertentu yang Anda impi-impikan.

Selain untuk Anda sendiri, bekerja dapat meningkatan perkembangan ekonomi yang baik bagi pembangunan negara. Karena Anda yang bekerja adalah bagian dari sistem yang fungsinya menjaga kestabilan ekonomi negara yang turun-naik.

Pada dasarnya kata bekerja tidak harus melulu diartikan sebagai menjadi bawahan atau pegawai, Anda dapat membuka lapangan pekerjaan sendiri untuk Anda dan tentunya untuk orang lain.

Nah, kali ini kita akan mengulas pekerjaan-pekerjaan apa saja yang paling diminati oleh para pencari kerja di Indonesia.

1. Bidang Kesehatan (Dokter, Suster, Farmasi, dll)

Jika kita menelaah ke waktu lalu, bidang kesehatan memang diminati oleh para pencari kerja di Indonesia. Hal tersebut bisa dilihat dari berjamurnya sekolah dan akademi yang memiliki studi yang fokus menyediakan materi studi tentang kesehatan.

Alasan mengapa banyak pencari kerja di bidang ini selain karena penghasilan yang di atas rata-rata, juga menghadirkan sisi sosial yang menjadi kepuasan tersendiri bagi mereka. Pengabdian adalah alasan kedua mereka setelah penghasilan.

2. TKI (Tenaga Kerja Indonesia)

Maksud dari TKI di sini adalah warga Indonesia yang memiliki mata pencaharian di luar negeri, baik itu sebagai buruh, ilmuwan, pekerja kantoran, dan sebagainya. Mereka mencari uang hingga ke pelosok negara-negara di dunia seperti Malaysia, Korea, Singapura, Arab Saudi, China, Jepang, Amerika Serikat, dan Uni Eropa.

Jumlah yang tidak sedikit dari para TKI ini menyumbang devisa besar bagi negara kita tercinta. Namun sayangnya, banyak oknum tak bertanggung jawab yang memanfaatkan mereka untuk diambil pungutan liar. Selain itu, banyak hak-hak TKI yang terenggut tanpa mereka sendiri sadari sehingga terkadang apa yang mereka kerjakan tidak kembali dengan sebagaimana mestinya.

Walaupun begitu, tidak jarang juga kita bisa lihat para TKI yang membawa penghasilan yang memuaskan ketika pulang ke Tanah Air. Di samping itu bisa dilihat bahwa ketersediaan lapangan pekerjaan di Indonesia tidak banyak menampung para pencari kerja yang kebanyakan dilihat dari SDM yang sesuai sehingga banyak dari mereka yang mencari pekerjaan di luar negeri.

Oleh sebab itulah menjadi TKI banyak sekali peminatnya.

3. Jurnalis

Menjadi seorang jurnalis merupakan pekerjaan yang cukup melelahkan, namun cocok untuk Anda yang tidak menyukai kemonotonan dan memiliki rasa ingin tahu yang besar. Meski tantangan yang dihadapi memang banyak, misalnya pada saat dikejar deadline.

Melihat berbagai media massa dari televisi, koran, radio, majalah, dan internet yang mulai menjamur di Indonesia, jurnalis pun menjadi pekerjaan yang banyak dicari orang. Jurnalis adalah kartu AS dari lembaga-lembaga media massa yang menjamur itu, sehingga tidak mengherankan jika saat ini diperlukan juga calon-calon jurnalis handal di Indonesia. Hal ini tentu saja akibat dari kemajuan teknologi dan informasi yang semakin pesat.

Selain itu sekarang pun banyak bermunculan sekolah dan akademi yang memiliki program studi bidang jurnalistik dan broadcasting.

4. Travel Guide

Saat ini perusahaan travel agent sedang menjamur di Indonesia karena didukung oleh permohonan paspor yang mudah didapat dan biaya tiket pesawat terbang yang cukup terjangkau.

Pekerjaan travel guide sendiri memiliki banyak peminat karena mereka bisa bekerja sambil jalan-jalan, terutama bagi mereka yang memang memiliki hobi traveling. Di sini Anda tentu saja minimal harus fasih dalam berbahasa Inggris.

Selain itu, pekerjaan ini juga cukup menjanjikan dari sisi penghasilan

5. Guru dan Dosen

Tidak bisa dipungkiri bahwa profesi ini begitu banyak peminatnya. Karena menuntut ilmu memang diharuskan untuk semua orang sehingga profesi ini juga pun diperlukan banyak. Di Indonesia sendiri menjadi guru dan dosen diperlukan sampai di daerah pedalaman yang sulit terjangkau oleh transportasi.

Sekarang pun untuk guru sendiri ada tambahan penghasilan dari sertifikat guru yang disediakan oleh Pemerintah yang akan didapat per tiga bulan. Sehingga kesejahteraan guru sudah lebih baik jika dibandingkan dulu. Untuk dosen sendiri, pekerjaan ini memang menjanjikan dari sisi penghasilan. Selain itu tentunya pekerjaan guru dan dosen adalah mulia karena ada ilmu yang disebarluaskan dan tentunya dapat mencerdaskan bangsa.

6. Pegawai Bank

Pihak bank yang memang berani menyerap para fresh graduate membuat pekerjaan menjadi pegawai bank banyak peminatnya. Dari data Bank Indonesia, terdapat 122 bank yang ada di Indonesia baik bank milik pemerintah dan swasta, sehingga memang diperlukan banyak sumber daya manusia untuk menunjang keberhasilan bank itu sendiri.

Dari sisi penghasilan juga pegawai bank memiliki jenis-jenis penghasilan berupa bonus per bulan, tunjangan, dan bonus per tahun dari perusahaan. Sehingga bank sendiri memang tidak pernah sepi dari pelamar kerja.

7. Marketing

Pekerjaan menjadi marketing cocok untuk Anda yang tidak betah bekerja monoton dengan berada di kantor seharian. Waktu yang menyita pun cenderung flekasibel, tidak terpaku dengan jam bekerja pada umumnya, tetapi tentu saja ada deadline dan target yang harus diselesaikan.

Marketing sendiri adalah ujung tombak dari perusahaan karena mereka berfokus pada membentuk citra perusahaan dan dituntut memiliki banyak skill seperti komunikasi, sales, menuangkan ide dan konsep, dan sebagainya. Sehingga hampir setiap perusahaan memiliki bidang pekerjaan ini. Gajinya pun terbilang lebih tinggi dibandingkan dengan staf lainnya yang biasa ada di perkantoran.

8. Teknologi Komputer

Perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat membuat konten informasi dan fitur yang disebar melalui internet pun kian berkembang pesat. Semua diciptakan untuk memudahkan setiap orang untuk mengaksesnya. Dan tentu saja diperlukan SDM yang memadai yang bisa menciptakan sekaligus mengatur konten dan fitur tersebut.

Maka dari lowongan pekerjaan di bidang IT sudah banyak dibuka di setiap perusahaan, dan kenyataannya banyak pula yang menginginkan pekerjaan tersebut. Bisa kita lihat juga sekolah dan akademi yang membuka berbagai bidang studi IT yang semakin menjamur di Indonesia.

Pekerjaan ini menuntut kecepatan waktu dan ketelitian, sehingga dari sisi penghasilannya pun cukup menjanjikan.

9. PNS (Pegawai Negeri Sipil)

Sampai saat ini pekerjaan Pegawai Negeri Sipil menjadi pekerjaan yang paling diminati di Indonesia. Setiap tahun selalu dibuka penerimaan baru, menyeimbangi dengan banyaknya PNS yang memang mengambil pensiun.

Hal yang dilirik oleh para pencari kerja yang menginginkan pekerjaan ini adalah karena tunjangan hari tua dan pekerjaan sehari-harinya yang tidak berat, setiap Sabtu dan Minggu dipastikan libur dan jarang sekali ada lembur.

Dilansir dari dinas ketenagakerjaan jumlah PNS di seluruh Indonesia tahun 2011 sebanyak 4,7 juta jiwa. Angka yang memang sedikit jika dibandingkan dengan penduduk Indonesia yang berjumlah lebih dai 200 juta jiwa, karenanya tentu pekerjaan ini selain diminati, Anda pun bersaing ketat untuk mendapatkan kursinya.

Demikian ulasan dari kami. Dengan membaca artikel ini Anda bisa memilih dan melakukan tindaklanjut untuk menghadapi persaingan dalam dunia kerja yang sangat ketatnya.Selamat berkarya! 

Selanjutnya : Tanda-Tanda Wanita Ingin Berhubungan Serius dengan Anda
Sebelumnya: Pola Makanan Sehat Menurut Yin-Yang
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar