Acara Permainan Kegiatan Pramuka SD


Acara permainan kegiatan Pramuka SD yang cukup sering dilakukan adalah berbagai jenis perlombaan. Misalnya, perlombaan membuat tenda untuk anak-anak SD kelas 5 dan kelas 6. Lomba memasak untuk anak-anak SD kelas 4-6. Lomba tali-temali untuk anak kelas 3-6. Berbagai lomba itu menjadi bagian dari acara permainan dalam kegiatan Pramuka. Anak-anak senang berlomba karena pada dasarnya mereka sangat kompetitif.

Lomba Ketrampilan Lainnya

Acara permainan kegiatan Pramuka SD lainnya yang cukup menarik adalah lomba berbaris, lomba mencari jejak, dan lomba membaca sandi. Anak-anak kecil yang merupakan cikal bakal generasi penerus ini dilatih dengan berbagai ketrampilan yang memungkinkan mereka bekerja sama dan memperkuat kekuatan individu.

Dengan kekuatan masing-masing individu, kekuatan grup atau kelompok pun menjadi lebih terasah. Masing-masing individu itu akan memberikan pengaruh kepada individu lainnya yang ada dalam kelompoknya. Inilah yang memberikan dorongan kepada setiap individu untuk terus melatih diri menjadi terbaik bagi diri sendiri dan kelompok.

Permainan bendera atau memecahkan sandi rumput dan sandi morse menjadi salah satu permainan yang sangat menarik. Komunikasi harus dilakukan dengan menggunakan sandi yang sudah dipelajari sehingga perlombaan satu ini menjadi tantangan yang luar biasa. Anak-anak menjadi terlatih mengingat lambang dan memecahkan masalah.

Permainan yang biasanya menyusuri sungai atau tepian hutan ini menjadi kian menarik ketika disediakan hadiah disetiap pos. Kelompok yang mendapatkan hadiah paling banyak akan mendapatkan hadiah yang lebih besar. Hadiah ini sebagai bentuk motivasi. Kerja sama kelompok sangat dibutuhkan terutama ketika harus melewati rintangan. Tidak bisa satu orang melakukan banyak hal sekaligus kalau tidak ada bantuan dari orang lain.

Pelajaran dari Kerja Kelompok

Pramuka memberikan pelajaran yang bagus kepada anak-anak. Kerja sama dalam satu kelompok akan membiasakan anak saling bergantung dalam menggapai tujuan. Hal ini akan terpatri dalam diri anak hingga mereka besar. Berbagai permainan yang mengharuskan memecahkan masalah pun akan membuat anak termotivasi selalu berusaha melakukan yang terbaik dalam mencari solusi dari setiap permasalahan.

Adanya penghargaan terhadap kemampuan individu seperti penghargaan bagi yang bisa masak atau bisa menjahit, pun merupakan satu bentuk pendidikan bahwa setiap individu hendaknya mempunyai ilmu. Dengan ilmunya, ia bisa menjadi lebih bermanfaat dalam kelompoknya.

Acara permainan kegiatan Pramuka SD ini hendaknya lebih sering dilakukan. Kegiatan Pramuka ini tidak hanya membutuhkan kerja otak tapi juga kerja fisik sehingga anak berkembang dengan sempurna.

Selanjutnya : Adab Terhadap Orang Tua dalam Islam
Sebelumnya: Mengenal Macam PPH dan Penjelasan Tentang Penerapannya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar