Contoh Susunan Acara Pernikahan Resepsi di Gedung


Susunan acara pernikahan resepsi di gedung pada umumnya sama dengan susunan acara respsi di mana pun. Hanya yang membedakan tempatnya saja. Acara pernikahan bisa diselenggarakan di mana saja. Melangsungkan pernikahan harus dengan suasana yang bahagia agar dapat dirasakan oleh keluarga, teman, dan masyarakat.

Pentingnya Pernikahan

Pernikahan merupakan wujud kebahagiaan dan ibadah bagi kaum muslim. Setelah melangsungkan akad nikah biasanya ada yang langsung melaksanakan resepsi pada hari yang sama atau melaksanakan resepsi pada hari berbeda.

Resepsi biasanya menghadirkan tamu undangan lebih banyak  daripada waktu akad nikah. Jika menggelar resepsi pernikahan di gedung tentu diperlukan susunan acara yang rapi dan teratur supaya prosesi berjalan lancar. Berikut ini merupakan contoh susunan acara pernikahan resepsi di gedung yang dapat dijadikan referensi bagi Anda yang ingin menggelar resepsi di gedung.

Susunan Pernikahan

  1. Sebelum pembacaan susunan acara resepsi pernikahan yang harus diperhatikan adalah memeriksa ulang persiapan tempat acara, seperti tata ruang, dekorasi, catering, dan sebagainya, serta orang-orang yang berperan dalam tugas resepsi tersebut.
  2. Untuk pelaksanaan resepsi langsung setelah akad nikah selesai, pengantin dirias dan berganti pakaian resepsi. Setelah pengantin siap, bapak, dan ibu among tamu kedua mempelai siap, MC bersiap di penari cucuk lampah bersiap mengiringi adat panggih, musik pengiring adat panggih sudah siap, dan undangan mulai hadir, maka pembukaan dan acara adat panggih dilakukan.
  3. MC akan memandu acara panggih dan seluruh rangkaian resepsi mulai dari pembukaan hingga selesai.
  4. Kirab pengantin, pengantin dan kedua orang tua menempati pelaminan.
  5. Sambutan atas nama keluarga dilanjutkan dengan pembacaan doa.
  6. Memberi ucapan selamat oleh seluruh tamu dan dilanjutkan dengan makan siang.
  7. Sesi foto kedua mempelai, mempelai dan keluarga, mempelai dan kerabat.
  8. Resepsi selesai, acara ditutup oleh MC.
  9. Pengantin dan orangtua menikmati makan siang.

Susunan Acara Pernikahan

Adapun susunan acara resepsi lainnya, yaitu sebagai berikut.

  1. Pembukaan oleh MC.
  2. Pembacaan Al Qur’an.
  3. Sambutan tuan rumah, berisi ucapan selamat datang pada para undangan, memohon doa restu untuk kedua mempelai, serta permohonan maaf jika sambutan sekaligus keberlangsungan acara ada yang kurang berkenan di hati.
  4. Sambutan serah terima dari pihak mempelai perempuan kepada mempelai laki-laki.
  5. Sambutan penerimaan mempelai perempuan dari pihak mempelai laki-laki.
  6. Tamu undangan menikmati hidangan yang disediakan.
  7. Tausiyah dari ustadz.
  8. Doa dan Penutup.
  9. Undangan memberikan selamat kepada mempelai

Susunan acara pernikahan resepsi di gedung diatas bukan merupakan susunan yang baku. Artinya, susunan acara tersebut dapat diubah sesuai kebutuhan. Persiapan pernikahan hendaknya dilakukan dengan matang dan sedini mungkin termasuk susunan acara karena sebagai salah satu standar keberhasilan acara pernikahan.

Selanjutnya : Cara Membuat Proposal Bantuan Pencucian Mobil
Sebelumnya: Cara Mengobati Kanker Kulit
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar