Mengenang Acara Uka-Uka di TPI


Maraknya, program acara yang mengambil genre horor menjadi fenomena tersendiri dalam catatan dunia pertelevisian di Indonesia diawal tahun 2000-an. Segmen acara Uka-Uka di TPI (Televisi Pendidikan Indonesia -sekarang telah berganti nama menjadi MNC TV) pernah menjadi idola publik. Sekedar informasi, acara Uka-Uka merupakan bagian dari reality show berjudul Gentayangan yang tayang setiap malam selasa dan malam jumat.

Konsep acara Uka-Uka yang diangkat adalah uji keberanian peserta di suatu lokasi yang angker dan dikeramatkan oleh penduduk setempat. Peserta Uka-Uka diharuskan melakukan tindakan provokatif dengan melanggar pantangan yang harus dihindari oleh siapa saja di lokasi tersebut. Hal ini bertujuan untuk mengusik keberadaan makhluk gaib yang dipercaya menghuni lokasi Uka-Uka sehingga mengganggu peserta Uka-Uka.

Aturan main dalam acara Uka-Uka ialah peserta tidak boleh tertidur atau berjalan keluar dari jangkauan kamera perekam. Peserta pun diharuskan menceritakan kejadian-kejadian yang dilihatnya selama acara berlangsung. Tantangan uji keberanian dalam acara Uka-Uka dihentikan apabila peserta melambaikan tangan ke arah kamera sebagai tanda ketakutan dan melanggar aturan yang telah ditentukan.

Pada prakteknya, peserta Uka-Uka tinggal sendirian di lokasi selama semalam hanya ditemani oleh seperangkat kamera video perekam. Kamera diletakkan di beberapa titik yang dianggap strategis untuk menangkap kejadian-kejadian aneh yang sedang terjadi. Sebuah kamera dipasang untuk memantau kondisi peserta yang berada di lokasi dengan pencahayaan seadanya dan hanya didukung sinar infra merah.

Daya tarik yang sangat menjual dari acara Uka-Uka sendiri terletak pada peristiwa-peristiwa mencengangkan dan mengagetkan peserta Uka-Uka. Banyak fenomena yang sulit dijelaskan secara empirik tertangkap oleh kamera terjadi di lokasi syuting. Para pemirsa setia acara Uka-Uka yang menyaksikan lewat layar kaca di rumah pun dapat melihat dan merasakan pula.

Keberadaan acara Uka-Uka di TPI memang semakin mempertegas tren acara horor yang banyak diproduksi oleh stasiun televisi swasta. Diantara judul acaranya ialah kisah misteri (kismis) di RCTI atau Dunia Lain yang ditayangkan Trans TV. Meskipun demikian setiap stasiun televisi hadir dengan konsep berbeda dan segmen andalannya sendiri.

Selanjutnya : Pengertian Kognitif dan Unsurnya
Sebelumnya: Jenis-Jenis Bahan Pewarna Kue Alami
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar