Alasan Aceh Ingin Merdeka karena Ingin Berdiri Sendiri

Bagi masyarakat di Indonesia pastinya tahu atau mengenal dengan wilayah yang namanya Aceh. Aceh merupakan sebuah provinsi yang terletak paling ujung barat di Indonesia. Sejak dahulu sampai sekarang Aceh ini terkenal dengan kebudayaannya yang sangat kental dan indentik dengan Islam. Hal ini dikarenakan Aceh merupakan salah satu provinsi yang agama Islamnya menjadi mayoritas. Hampir seluruh masyarakat di Aceh beragama Islam. Aceh merupakan suatu provinsi yang berbeda dengan provinsi lainnya. Oleh karena itu, Aceh disebut dengan daerah istimewa Aceh. Lalu mengapa sekarang Aceh ingin merdeka? Aceh ingin merdeka karena Aceh bisa menjadi negara yang bisa berdiri sendiri. Itulah salah satu alasannya.

Daerah Operasi Militer

Dahulu Aceh merupakan sebuah daerah yang memiliki kerajaan yang sangat kuat. Kerajaan tersebut, yaitu kesultanan Aceh Darussalam di provinsi Aceh dengan sultan yang pertamanya adalah Sultan Ali Mughayat Syah pada tahun 1507. Seiring dengan perkembangan zaman, Aceh ini mengalami pergantian pemimpinnya. Rakyat Aceh terkenal dengan rasa nasionalismenya yang tinggi dan pantang menyerah.

Namun, sejak zaman orde baru setelah kememerdekaan, Provinsi Aceh ini mengalami perlakuan yang tidak adil oleh pemerintah pusat. Perlakuan tidak adil ini terlihat dengan adanya daerah operasi militer atau DOM. Daerah operasi militer ini diterapkan karena ada kelompok masyarakat di Aceh yang ingin merdeka. Untuk itulah, Aceh ingin merdeka karena perlakuan dengan adanya daerah operasi militer ini.

Selain itu, alasan lainnya adalah kerena Aceh memiliki sumber daya alam yang begitu melimpah, namun masyarakatnya tetap kekurangan. Hal ini menjadi alasan mengapa Aceh ingin berpisah dengan Indonesia. Aceh memiliki sumber daya alam yang begitu luar biasa mulai dari minyaknya, gas alam, hutan, dan rempah-rempahannya.

Zaman Reformasi

Sejak bergulirnya zaman reformaasi ini, provinsi Aceh sudah mulai mengalami kemajuan yang cukup pesat, baik segi pemerintahannya maupun sumber dayanya. Semenjak zaman reformasi pula sistem daerah operasi militer di Aceh sudah dihapuskan karena melanggar hak asasi manusia. Kemudian, perdamaian antara GAM atau gerakan Aceh merdeka terjalin pada zaman reformasi sehingga GAM ini sudah mulai berkurang secara perlahan.

Ketika masyakarat Aceh merasakan kebahagiaan, muncullah duka yang sangat mendalam dengan terjadinya bencara yang sangat dahsyat, yaitu bencana gempa yang disertai dengan tsunami. Bencana gempa bumi dan tsunami ini merupakan bencana yang terbesar dalam sejarah manusia karena menewaskan lebih dari 100.000 orang manusia.
Demikian sekilas tentang alasan Aceh ingin merdeka karena ingin menjadi negara yang berdiri sendiri. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Kampung Naga - Daerah yang Masih Memiliki Budaya Jawa Barat
Sebelumnya: Contoh Acara Slametan Adat Jawa
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

//adsnya disini