Ada Berapa Ayat dalam Al-Qur’an Tentang Sabar


Setiap manusia tidak akan pernah terlepas dari musibah yang merupakan bentuk ujian terhadap kesabaran. Segala cobaan menjadi ketentuan yang telah ditetapkan oleh Allah SWT dan tidak ada seorang pun manusia dapat mengelakkan. Patut dicermati ada berapa ayat dalam Al-Qur’an tentang sabar adalah bukti bahwa segala musibah dapat diredam dengan kesabaran.

Didalam kitab suci Al-Qur’an kata sabar disebutkan dalam bentuk isim dan fi’ilnya sebanyak 103 kali kata. Hal ini menandakan bahwa sabar menjadi elemen penting dihadapan Allah SWT yang harus dimiliki setiap manusia yang beriman. Sabar menjadi perintah dari Allah SWT kepada hamba-hamba-Nya sebagaimana fiman dalam surat Al-Baqarah ayat 153,

Ayat surat Al-Baqarah diatas masih diperkuat lagi oleh ayat-ayat serupa yang menceritakan tentang makna kesabaran. Diantaranya ialah surat Ali Imran ayat 200, surat An-Nahl ayat 127, surat Al-Anfal ayat 46, dan surat Yunus ayat 109 serta surat Hud ayat 115. Bagi hamba-Nya yang selalu mendahulukan kesabaran dalam menghadapi musibah, Allah SWT melontarkan pujian melalui firman-Nya dalam Surat Al-Baqarah ayat 177 yang berbunyi:

Hikmah besar dalam perilaku sabar akan mengarahkan manusia pada pemikiran mendalam untuk mengevaluasi diri. Evaluasi diri terhadap dosa-dosa yang diperbuat karena mungkin segala cobaan yang menimpa akibat dosa-dosa yang diperbuat sendiri. Hal ini disebutkan dalam surat Asy-Syuro ayat 30 yang berbunyi,

Ayat 30 dari surat Asy-Syuro diatas juga menjadi peringatan kepada hamba-Nya agar melaksanakan taubat. Taubat dan meminta ampun kepada Allah SWT agar dosa-dosa dihapuskan. Mengingat, setiap taubat dan permohonan ampun yang diupayakan manusia akan mendapatkan maaf dari Allah sang Maha Penyayang.

Warna-warni kehidupan yang penuh dengan musibah membutuhkan kesabaran yang menjadi tanda keimanan dan ketakwaan manusia kepada Allah SWT. Untuk itu, sebagai hamba yang taat hendaknya selalu berprasangka baik. Bukan justru sebaliknya, menjadi pribadi yang berburuk sangka terhadap segala ketentuan-Nya.

Pada dasarnya, Allah SWT menguji keimanan seorang manusia melalui bentuk musibah atau cobaan yang diterpakan sesekali bahkan sampai berkali-kali. Maka dari itu, setiap manusia yang mengalami musibah hendaknya mengingat ada berapa ayat dalam Al-Qur’an tentang sabar.

Selanjutnya : Cara Berbisnis
Sebelumnya: Kenali Bahaya Memakan Mie Instan Berlebihan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar