Adat Istiadat Khas Sunda

 

Kelompok etnis yang mendiami daerah Jawa Barat adalah suku Sunda sehingga bagi kita yang tinggal di daerah tersebut ada baiknya mengetahui adat istiadat khas Sunda. Dahulu lebih dikenal dengan Tatar Pasundan yang meliputi daerah Provinsi Jawa Barat, Banten, Jakarta, dan Lampung.

Suku terbanyak kedua di Indonesia adalah suku Sunda. Agama orang Sunda sebagian besar adalah Islam tetapi ada juga yang bergama Hindu, Sunda Wiwitan, dan Kristen namun jumlahnya hanya sedikit. Suku bangsa yang terdekat dengan orang Sunda adalah suku Jawa, Banten, Cirebon, Baduy, dan Betawi.

Orang Sunda mempunyai kekuatan emosional, mereka dipersatukan dengan bahasa dan budaya Sunda. Sifat suku Sunda yang dikenal mereka optimistis, ramah, sopan, dan riang, dan biasanya terkenal senang bercakap-cakap.

Adat istiadat suku Sunda bisa kita lihat dari:

Bahasa yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah bahasa Sunda. Bahasa ini memiliki dialek yang berbeda-beda, para pakar mencoba membaginya menjadi enam dialek yaitu:

  • Dialek Barat (Bahasa Banten)
  • Dialek Utara
  • Dialek Selatan (Priangan)
  • Dialek Tengah Timur
  • Dialek Timur Laut (Bahasa Sunda Cirebon)
  • Dialek Tenggara

Keseniannya, terdiri dari:

Seni tari yang terkenal adalah tari jaipongan, tari merak, dan tari topeng. Jaipongan merupakan tarian modifikasi dari tari tradisional ketuk tilu namun pada kenyataannya tari jaipongan ini lebih mendapat tempat di masyarakat bahkan di luar negeri.

Tari jaipongan ini biasanya diiringi alat musik yang terkenal dari Sunda yaitu degung yang terdiri dari beraneka alat musik seperti gendang, gong, saron, kacapi.

Wayang Golek ialah pementasan sandiwara yang diperankan oleh boneka yang biasanya terbuat dari kayu. Dalang mempunyai peranan tidak hanya sebagai sutradara tapi juga pengisi suara. Lagu daerah Sunda yang terkenal Bubuy Bulan, Es Lilin, Manuk Dadali, Tokecang, Warung Pojok. Dan alat musik yang terkenal calung dan angklung

Rumah adat Sunda namanya tergantung dari bentuk atap dan pintu rumahnya. Atapnya ada yang namanya suhunan jolopong, tagong anjing, badak heuay, perahu kemureb, jubleg nangkub, capit gunting, dan buka pongpok.

Dari nama-nama tersebut bisa dikatakan jolopong adalah bentuk yang paling mudah dikenali oleh masyarakat Sunda.
Demikianlah adat istiadat khas Sunda yang telah dipaparkan. Semoga bisa menambah wawasan kita.

Loading...
Selanjutnya : Sistem Parlementer adalah Ciri Pemerintahan Demokrasi Liberal
Sebelumnya: Sistem Listrik Fenomena Perpindahan Arus
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar