Adat Istiadat Suku Jawa


Adat istiadat suku jawa sangat banyak dan beragam. Budaya satu ini telah terkenal dari dulu hingga kini masih banyak yang memakainya. Maka akan kami bahas mengenai adat jawa pada artikel ini.

Sebenarnya dalam setiap kegiatan manusia selalu ada adat yang mengiringinya misalnya saja mulai dari melamar hingga menikah pun banyak sekali adatnya yang jika dijabarkan akan menghabiskan banyak kertas. Belum lagi adat yang lainnya.

Wanita yang mulai hamil pun ada syukurannya. Hal ini dimulai ketika wanita telah terlambat haid. Lalu diadakanlah upacara syukuran di hari lahir atau weton wanita ini. weton merupakan hari saat lahirnya wanita yang didasarkan pada kalender jawa. Secara arti, weton memiliki makna hari lahir.

Selain itu ada juga syukuran di bulan kedua, empat serta tujuh pada masa kehamilannya. Pada syukuran yang keempat diberi nama “ngupati” atau bermakna empat atau papat dalam bahasa jawa. Sedangkan syukuran di bulan ke tujuh disebut dengan “mitoni” atau “tuju” dan pitu dalam bahasa jawa.

Upacara ini selain sebagai bentuk rasa syukur juga bertujuan untuk memohon doa dan berbagi rasa yang bahagia pada sahabat, keluarga dan saudara. Selain syukuran pada saat bayi masih dalam kandungan juga ada syukuran setelah bayi lahir. Setelah bayi lahir maka ari-ari bayi akan dimasukkan ke dalam kendil beserta “uba rambe” lalu biasanya akan ditanam di depan rumah.

ada pula yang menggantungnya. Lalu pada setiap malam hingga hari ke-40 kendil tersebut atasnya akan dinyalakan lampu minyak. Lalu pada saat sebelum dan sesudah kendil tersebut ditanam, ayah dari jabang bayi akan berdoa. Setelah bayi lahir maka akan ada juga upacara sepasar, selapan serta puputan. Pada acara ini, dilaksanakan ketika usia bayi umurnya 5 hari, 35 hari serta pada saar lepas pusar.

Bayi diberi nama pada saat puput. Nama yang dipilih pun bukan sembarang namun diberi nama yang mengandung doa serta indah. Biasanya tali pusar akan dikeringkan setelah itu dibungkus dengan lain setelah itu disimpan. Adat istiadat suku jawa yang itulah yang hingga kini masih tetap dipertahankan oleh masyarakat.

Selanjutnya : Awal Kemunculan Acara Dahsyat RCTI
Sebelumnya: Karakteristik dari Perempuan Sagitarius
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar