Mengapa Administrasi Itu Penting dalam Organisasi

Mengapa administrasi itu penting dalam organisasi karena administrasi berpengaruh terhadap perkembangan organisasi.

Administrasi dapat menjadi solusi terhadap semua kegiatan yang dilakukan setiap anggota. Sering kita beranggapan bahwa keberadaan administrator dalam organisasi dianggap tidak penting adalah administrasi yang baik bisa mengawasi dan mengendalikan fungsi organisasi agar berjalan semestinya. Setiap pekerjaan yang ada di organisasi pasti melibatkan peran administrasi, seperti surat menyurat dan penyimpanan dokumen penting. Organisasi tidak akan berjalan tanpa adanya administrasi.

Definisi Administrasi

Administrasi berasal dari bahasa Latin  ‘ad’ dan ‘ministrate’ yang berarti pemberian jasa. Adapun seorang ahli Soewarno Handayaningrat mengartikan administrasi dalam arti sempit sebagai kegiatan surat-menyurat, mengetik, pembukuan ringan, dan sebagainya yang bersifat ketatausahaan. Sementara administrasi dalam arti luas menurut The Liang Gie adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam suatu kerjasama utnuk mencapai tujuan tertentu. Secara umum administrasi merupakan proses untuk membantu, melayani, dan mengatur segala hal yang berhubungan dengan kegiatan organisasi untuk kepentingan bersama.

Ciri-ciri administrasi:

  1. Ada kelompok manusia (2 orang atau lebih) yan gmelakukan kerjasama,
  2. Ada pemimpin, pengawasan, dan
  3. Ada tujuan kelompok.

Peran Administrasi dalam Organisasi

Administrasi dapat berfungsi sebagai pengawas. Apabila ada pelanggaran dalam organisasi, administrator berhak memberikan hukuman secara administrasi atau lainnya sesuai kesepakatan ayng berlaku dalam organisasi. Untuk lebih detailnya, berikut ini merupakan fungs-fungsi administrasi dalam organisasi.

  1. Sebagai Pengendalian
    Keputusan dan kendali dibuat oleh orang dengan departemen berbeda dalam organisasi. Keputusan akhir berada ditangan manajer pimpinan organisadi dan administrasi merupakan jalan untuk melancarkan proses keputusan tersebut.
  2. Pendelegasian Wewenang
    Pemimpin organisasi akan memberikan wewenang kepada setiap orang dari departemen berbeda di organisasi agar pengaturan organisasi menjadi lebih mudah. Administrasi juga akan memudahkan kelancaran sebuah tugas.
  3. Administrasi adalah alat organisai utnuk pencapaian tujuan.
  4. Administrasi merupakan proses untuk menentukan tujuan sementara organisasi merupakan wadah untuk tercapainya tujuan. Agar tujuan organisasi tercapai maka administrasi dan manajemen harus bersinergi untuk merealisasikannya.

Tujuan organisai dapat tercapai bila ada kerjasama antara manajemen, administrasi, dan departemen lainnya. Administrasi bergerak dan dan mencapai tujuan melalui manajemen dan departemen lainnya. Untuk itu diperlukan media, struktur, dan kerangka utnuk pencapaian tujuan yang termaktub dalam organisasi. Suatu organisasi yang tidak memiliki sistem administrasi dan manajemen yang baik maka organisasi tidak dapat berkembang dan berjalan. Itulah jawaban mengapa administrasi itu penting dalam organisasi.

Selanjutnya : Parfum yang Bagus untuk Cowok
Sebelumnya: Parfum Wanita Wangi Segar, Lembut, dan Manis
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

//adsnya disini