Sejarah Agama Katolik di Indonesia Beserta Penjelasannya, dan Asalnya

Pernahkah Anda berpikir tentang agama katolik di Indonesia beserta penjelasannya, dan asalnya dari mana. Di negara Indonesia selain memiliki keanekaragaman budaya ternyata memiliki keanekaragaman dalam beragama.

Masyarakat Indonesia memiliki masyarakat yang bervariasi jika dilihat dari sudut agamanya. Namun sebagian besar masyarakat negara Indonesia kebanyakan  memeluk agama Islam. Agama-agama yang berkembang di negara Indonesia yaitu seperti agama Islam, agama kristen, agama hindu dan agama budha.

Agama kristen dibedakan menjadi dua yaitu agama kristen katolik dan agama kristen protestan. Berikut ini akan dijelaskan tentang penjelasan asal mula terdapatnya agama kristen katolik di Indonesia.

Penjelasan Agama Kristen Katolik

Penjelasan dari agama kristen katolik mengandung beberapa istilah dari kata kristen dan katolik. Kristen berasal dari kata “Christ” dan “Thelein”. Kata “Christ” mengandung pengertian Yesus dan kata “Thelein” mengandung pengertian pengajaran. Dengan demikian kata kristen memiliki pengertian yaitu orang-orang yang telah mengikuti pengajaran dari Yesus. Tahun 190 M di dalam gereja Tertullianus telah memperkenalkan kata kristen.

Penjelasan  kata katolik berasal dari kata “Cathos” dan “Lichus” yang berasal dari bahasa Yunani. Kata “Cathos” memiliki pengertian untuk dan kata “Lichus” mengandung pengertian umum. Dengan demikian, Cathoslichus atau katolik memiliki definisi untuk umum. Kata Cathoslichus pertama kali ditemukan di dalam surat Antiokia yang dikirim kepada jemaat-jemaat di Smirna dengan tulisan Ignatius.

Asal Sejarah Agama Katolik

Agama katolik yang masuk ke negara Indonesia memiliki sejarah yang panjang. Agama katolik diIndonesia beserta penjelasannya dan asalnya memang ada sejarahnya dari dulu. Pada abad ketujuh tahun 645 sampai 1500 agama katolik telah masuk ke Indonesia tepatnya di bagian Sumatera Utara.

Hal ini sesuai dengan catatan sejarah kuno buku karangan Shaykh Abu Salih al-Armini. Di dalam buku tersebut menjelaskan bahwa di negara Mesir, Abbessinia, Nubia, Spanyol, Afrika barat, India, Arabia dan Indonesia telah tersebar 181 pertapaan serani dan 707 gereja.
Dengan demikian tempat kediaman umat katolik yang paling tua di Indonesia terletak pada Barus di dalam Keuskupan Sibolga Sumatera Utara yang dulunya disebut dengan Pancur.

Selanjutnya terdapat umat katolik di Sumatera Selatan pada abad ke-14 hingga abad ke-15. Tahun 1534 di kepulauan Maluku telah didatangi orang Portugis yang memiliki tujuan untuk menyebarkan agama Katolik Roma.

Selanjutnya Portugis dan Spanyol menuju kota Manado dan Minahasa untuk memperluas agamanya yaitu kristen katolik pada abad ke-16 dan akhirnya diusir oleh VOC. Sehingga mengakibatkan paham katolik roma banyak yang jatuh karena kebijakan dari VOC.

Dengan demikian penduduk Indonesia yang menganut agama katolik hanya sedikit saja jika dibandingkan dengan agama protestan. Daerah Papua dan Flores masih banyak yang menganut agama kristen katolik yaitu sekitar  3 % saja yang ada  di Indonesia.

Demikian informasi yang menjelaskan tentang agama katolik di Indonesia beserta penjelasannya dan asalnya. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat.

Selanjutnya : Kepopuleran Lagu-Lagu Indonesia di Tahun 90-an
Sebelumnya: Apa yang Dimaksud dengan Budaya Lokal dan Tradisional?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...