Tips Agar Pintar Menulis Cerpen


Cerpen adalah singkatan dari cerita pendek walaupun pendek cara menulis cerpen tidak bias disepelekan. Banyak cerpen-cerpen yang lahir dari penulis-penulis, namun banyak juga diantaranya yang kurang menarik dengan cerita yang plat atau datar. Agar pintar menulis cerpen dibutuhkan pengetahuan dan sudut pandang dari banyak hal, serta ketekunan dalam hal menulis.

Berdasarkan pengertiannya,cerpen adalah sebuah cerita pendek yang didalamnya berisi tentang cerita atau sebuah peristiwa yang menjurus. Hal ini yang membedakan cerpen dengan roman dan novel.

Karena ceritanya pendek, maka dalam penerbitan buku cerpen kita mengenal adanya kumpulan-kumpulan cerpen, artinya dalam satu buku terdapat beberapa judul cerpen bias berupa karya tunggal (kumpulan cerpen karya satu orang) atau kumpulan cerpen dari beberapa orang penulis yang dijadikan dalam satu buku.
Untuk kumpulan cerpen kita mengenalnya dengan istilah antologi cerpen. Untuk memulai belajar menulis cerita cerpen maka perlu memahami cara penulisan cerita non-fiksi, yaitu sebagai berikut.

1.  Tentukan tema cerita

Dalam menentukan tema cerita bias dengan mengambil hal-hal atau peristiwa dan kejadian yang pernah dialami atau yang dekat dengan diri Anda. Misalnya, jika Anda seorang pelajar, kehidupan di sekolah bias diambil menjadi tema cerita.

Atau, dicari yang lebih spesifik lagi, misalnya cerita persahabatan, cinta, atau permusuhan yang terjadi disekolah. Tema cerita harus merujuk pada pengalaman pribadi, pengalaman orang lain pun bisa menjadi pertimbangan untuk diangkat menjadi tema cerpen.

2.  Menentukan tokoh.

Dalam proses menentukan tokoh bukan hanya membuat karakter tokoh yang ada, tapi proses penokohan berfungsi juga sebagai penyampai pesan, ide, tema, dan lain sebagainya.

3.  Menentukan dan membuat alur cerita

Dalam membuat alur, penulis tidak hanya memaparkan dan menjelaskan suatu peristiwa, namun harus juga dibarengi dengan penjelasan mengapa peristiwa atau kejadian tersebut bias terjadi.

4.  Menentukan konflik atau ketegangan

Konflik atau ketegangan adalah salah satu poin yang terdapat dalam alur. Konflik atau ketegangan adalah sesuatu yang penting karena dengan adanya ketegangan pembaca merasa penasaran dan bias merasakan ketegangan yang dimunculkan.

Selain menguasai poin-poin di atas, menulis cerpen bias dilakukan dengan baik dan menjadi mengasyikkan yang dibarengi dengan mengapresiasi atau membaca karya cerpen dari orang lain. Demikian pembahasan mengenai cara agar pintar menulis cerpen. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Menentukan Rubrik Majalah
Sebelumnya: Jenis Tanaman Sayur Hidroponik
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar