Ahli Sejarah Matematika


Ahli sejarah matematika adalah para ahli yang menyumbang pemikiran fundamental dan sangat penting dalam peradaban manusia, mulai dari keran air hingga satelit luar angkasa semua mengandung perhitungan matematis. Semua aspek dalam kehidupan ini berhubungan dengan rumus-rumus matematika yang merupakan peninggalan dari para ahli matematika dunia. Sejarah Matematika merupakan sejarah panjang perkembangan ilmu pengetahuan dari masa ke masa dan mencatatkan sejumlah daftar nama tokoh ilmuwan matematika di dunia.

Ahli matematika dunia berkembang dalam beberapa zaman, mulai dari Mesir Kuno, Babylon Kuno, China Kuno, India Kuno, Yunani, China Klasik, India Klasik, Matematika, Matematika Abad Pencerahan Eropa, dan Matematika Abad 17, Abad 18, Abad 19, Abad 20, dan Abad 21.

Ahli sejarah matematika atau para matematikawan sebagian besar mendedikasikan hidup mereka untuk pengembangan ilmu matematika dan menghasilkan berbagai penemuan yang bermanfaat bagi kehidupan.

Berikut ini beberapa ahli matematika terbaik sepanjang sejarah manusia.

1.    Leonhard Euler adalah seorang jenius dan matematikawan terbesar sepanjang masa. Euler berjasa mengenalkan analisis matematika melalui terminologi matematika kontemporer dan notasi dan menghasilkan karya-karya dalam bidang astronomi, optik, dinamika fluida, dan mekanika.

2.    Pythagoras terkenal karena rumus Pythagoras-nya dan ahli dalam bidang trigonometri. Ia disebut sebagai Bapak Matematika Modern karena mencetuskan aksioma-aksioma, postulat-postulat yang perlu dijabarkan terlebih dahulu dalam mengembangkan geometri.

3.    Aryabhata adalah penemu pertama angka nol dan nilai pi yaitu 3,1416, dengan menggunakan setengah chord, bukan teknik akord lengkap yang digunakan orang Yunani.

4.    Isaac Newton adalah ilmuwan paling berpengaruh sepanjang masa yang menemukan hukum gerak dan teori gravitasi universal, serta dia juga yang membuat rumus kalkulus.

5.    Archimedes merupakan ahli matematika terbesar sepanjang zaman yang menghasilkan karya geometri bidang datar, yaitu pengukuran lingkaran, kuadratur dari parabola dan spiral.

6.    Bhaskara II adalah ahli matematika paling terkenal dari India kuno yang pertama mengatakan bahwa setiap nomor dibagi dengan nol adalah tak terhingga. Ia dikenal sebagai bapak kalkulus diferensial, dan penemu metode siklik untuk menyelesaikan persamaan aljabar.

7.    Umar Khayyam adalah Ahli Matematika Islam yang pertama menemukan metode umum penguraian akar-akar bilangan tingkat tinggi dalam aljabar dan memperkenalkan solusi persamaan kubus.

8.    Al-Khawarizmi adalah matematikawan muslim yang namanya dijadikan istilah Matematika yaitu Algoritma. Ia memperkenalkan kepada dunia ilmu pengetahuan angka 0 (nol).

Matematika sesungguhnya adalah pelajaran yang mudah dipelajari bila diajarkan dengan cara yang menarik, misalnya dengan menggunakan aplikasi multimedia.

Semoga informasi mengenai ahli sejarah matematika ini akan meningkatkan minat belajar anda terhadap matematika untuk memahami dan membentuk dunia yang lebih canggih dan lebih modern.

Selanjutnya : Happy Ending Akhir Cerita Personal Taste Jeon Jin Ho
Sebelumnya: Mendidik Anak Secara Islami Sejak Dini
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar