Ajang Menawarkan Naskah ke Penerbit

Ajang menawarkan naskah bisa dikatakan sebagai salah satu bagian yang cukup mendebarkan bagi seorang penulis pemula. Ketika kita akan mengirimkan sebuah naskah ke penerbit, kita harus mempersiapkan segalanya agar terlihat begitu sempurna.

Bahkan, jika sebuah naskah yang tidak menarik dari luarnya, maka naskah tersebut sama sekali tidak akan dibaca. Meskipun semua tulisan Anda menarik dan layak terbit, hal itu tidak akan terjadi jika luarnya saja tidak kelihatan menarik. Jadi, sebelum memberikan naskah, pastikan sampulnya menarik untuk dibaca.

Tips Agar Naskah Diterbitkan

Hal yang pastinya harus dipenuhi oleh penulis agar naskahnya layak terbit adalah mengikuti instruksi dan peraturan yang diberikan oleh penerbit tersebut. Jika pemilik naskah belum apa-apa sudah tidak menaati aturan, jangan berharap naskahnya untuk dibaca, apalagi bisa terbit. Supaya naskah yang dikirim benar-benar menarik, pastikan sampulnya yang bagus dan terlihat rapi. Jangan sampai acak-acakan, bahkan tanpa sampul sama sekali.

Membuat suatu materi yang unik. Jika kita ingin membuat sebuah novel, maka masukan cerita-cerita yang unik. Jika kita ingin menuliskan tentang tutorial, maka masukan tips-tips rahasia yang unik. Cerita atau bahasan harus mengacu pada satu titik, sehingga cerita atau bahasan tidak keluar dari jalur tema. Dengan demikian, buku akan menjadi benar-benar membahas tentang tema yang kita ambil.

Penerbit yang Sesuai dengan Jenis Naskah

Tentukan pembaca yang akan kita bidik, lalu tentukan tema yang akan kita gunakan dalam buku kita. Setelah kita menentukan hal tersebut, carilah beberapa review tentang penerbit buku besar. Setiap penerbit biasanya mempunyai cakupan tema tentang tema buku yang akan mereka terbitkan.

Untuk itu, pilihlah penerbit yang sesuai dengan buku kita. Misalnya, salah satu buku yang sering menerbitkan novel-novel lucu untuk remaja adalah penerbit Bukune. Maka, jika kita mempunyai naskah yang sesuai dengan hal tersebut, maka kita bisa mengirimkannya ke sana.

Lakukan juga review tentang penerbit yang mudah lolos naskah. Artinya, dengan memilih penerbit yang tidak terlalu ketat dalam menyeleksi naskah, itu akan menambah peluang naskah kita untuk bisa diterbitkan. Berdoa juga harus menjadi prioritas disamping usaha mengirimkan naskah.

Jika usaha kita sudah mentok, beberapa kali naskah kita tidak diterima, maka kita bisa menerbitkan buku kita secara “self-publishing”. Penerbitan dengan cara ini memerlukan modal sendiri. Itulah sedikit ulasan tentang ajang menawarkan naskah.

Loading...
Selanjutnya : Keterkaitan antara Ajaran Islam dan Qiyas
Sebelumnya: Judul-judul Lagu yang Berpengaruh pada Moral
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar