Akhlak dan Aqidah Manusia


Akhlak dan aqidah manusia adalah suatu paket lengkap yang memang secara hakiki telah dimiliki tiap individu. Akhlak adalah tata perilaku, karakter atau sifat yang  melakat pada seseorang dan menentukan nilainya di tengah masyarakat serta lingkungan. Aqidah adalah keyakinan atau ketetapan yang dimiliki seorang manusia dalam pengambilan atau penentuan sebuah keputusan akan perbuatan tertentu.

Akhlak dan Aqidah

Akhlak sendiri terbagi menjadi dua. Pertama adalah akhlak terpuji atau juga disebut akhlakhul mahmudah. Akhlak terpuji adalah sikap serta perbuatan terpuji kepada Allah SWT, selain itu perbuatan baik kepada sesama manusia serta makhluk ciptaan Allah lainnya juga termasuk dalam akhlak mahmudah.

Kedua adalah akhlak tercela atau dalam bahasa Arab disebut dengan akhlakhul madzummah. Sikap tercela terhadap Allah, sesama manusia dan makhluk ciptaan Allah lainnya akan mendapat balasan yang setimpal.

Akhlakhul mahmudah atau akhlak terpuji banyak sekali contoh-contohnya dalam kehidupan sehari-hari. Yang paling utama adalah perbuatan terpuji kepada Allah. Sikap yang ditunjukkan bisa berupa mematuhi segala perintah dan menjauhi segala larangan-Nya. Meneladani sikap Rasulullah juga termasuk akhlak terpuji. Selain itu mengharrgai sesama manusia dan menjaga lingkungan juga termasuk akhlakhul mahmudah.

Contoh akhlak tercela atau madzummah kepada Allah adalah musyrik dan murtad, berbuat durhaka pada orangtua, dan berbuat dzalim pada orang lain. Tidak menjaga kelestarian lingkungan juga termasuk perbuatan tercela.

Faktor pembentukan akhlak seseorang dipengaruhi dua hal yaitu faktor intern dan ektern. Faktor intern misalnya insting, naluri, dan genetis. Faktor ekstern misalnya pola pendidikan dalam keluarga, lingkaran pergaulan, dan tempat tinggal

Pengaplikasian aqidah dalam kehidupan sehari-hari dimulai dari individu hingga kehidupan bernegara. Hal itu bisa dijelaskan sebagai berikut.

• Pada diri sendiri misalnya bersikap teguh dalam menahan godaan mengikuti ajakan yang membawa keburukan.
• Dalam kehidupan keluarga, misalnya orang tua dalam mendidik putra-putrinya sesuai tuntunan agama dan Al-Quran.
• Dalam kehidupan bermasyarakat misalnya menjaga sikap gotong royong, saling menghargai dan mejaga tali silaturrahmi.
• Dalam kehidupan bernegara misalnya menjalankan peraturan negara seperti membayar pajak.

Menjaga akhlak dan aqidah itu sangatlah penting. Dengan menjaga akhlak terpuji dan aqidah yang baik, maka kita akan terhindar dari kesesatan langkah dan sikap. Semoga dengan menjalankan hal-hal tersebut, kita selalu dilindungi oleh Allah SWT.

Selanjutnya : Akhlak Muslim yang Dicontohkan Rasulullah
Sebelumnya: Agama Katholik, Katholikus Artinya Universal
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar