Akibat dari Letak Indonesia yang Dilalui Garis Khatulistiwa

Secara astronomis, Indonesia berada di antara 6° LU- 11°LS dan 95°BT-141°BT. Dengan posisi ini, garis khayal equator (khatulistiwa) melalui kepulauan Indonesia tepatnya di kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Ada beberapa akibat dari letak Indonesia yang dilalui garis khatulistiwa. Di antara akibat-akibat itu menjadikan Indonesia negeri yang dikaruniai kekayaan alam sehingga layak dijuluki Zamrud Khatulistiwa.

Secara sekilas letak Indonesia dilalui khatulistiwa berakibat terhadap hal-hal berikut ini :

1. Iklim tropis

Letak Indonesia terbentang dengan panjang bujur 46 derajat serta lebar lintang 17 derajat menyebabkan Indonesia termasuk dalam zona tropis dengan curah hujan yang tinggi. Hal ini berdampak pada terdapatnya hutan hujan yang luas di Indonesia yang kaya akan beragam flora dan fauna.

Indonesia mendapat pancaran matahari yang merata sepanjang tahun sehingga terjadi penguapan dan kelembaban udara yang tinggi. Hanya terjadi dua musim di Indonesia yaitu musim hujan dan kemarau.

2. Adanya pembagian tiga wilayah waktu

Bagian belahan bumi Indonesia berada pada garis bujur 95°BT dan 141°BT. Garis bujur tersebut ada di sekitar 105°, 120°, dan 135°. Dari sana pembagian waktu ditentukan untuk wilayah barat mengikuti garis bujur 105° disebut WIB (Waktu Indonesia Barat), wilayah tengah mengikuti garis bujur 120° disebut WITA (Waktu Indonesia Tengah), dan wilayah timur mengikuti garis bujur 135° disebut WIT (Waktu Indonesia Timur).

Pembagian wilayah waktu ini berpedoman pada garis bujur 0 di kota Greenwich, London, yang menetapkan setiap 15° garis bujur lama perputaran bumi yaitu 1 jam. Sehingga selisih antara WIB, WITA, dan WIT masing-masing adalah satu jam.

Dengan suhu rata-rata di atas 18° Celsius, tingginya curah hujan dan kelembaban, serta didukung oleh kondisi geografis, Indonesia memiliki hutan hujan yang cukup lebat. Tanah yang subur, beragam flora dan fauna tersebar di seluruh hutan Indonesia dan menjadi kekayaan alam Indonesia.

Sehingga dapat disimpulkan akibat dari letak Indonesia yang dilalui garis khatulistiwa adalah anugerah tak terkira yang harus disyukuri bagi bangsa Indonesia.

Selanjutnya : Cara Menebak Orang yang Memakai Identitas Palsu Harus Diketahui Sejak Dini
Sebelumnya: Menghitung Harga Denda Pajak Motor Jika Lewat Batas Pembayaran
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...