Akibat Gigitan Nyamuk Aedes Aegypti

Akibat gigitan nyamuk Aedes Aegypti tentu saja sangat berbahaya bagi manusia. Nyamuk jenis ini aktif pada pagi hari hingga siang hari. Namun, hanya nyamuk betina yang bisa menularkan penyakit karena nyamuk betina saja yang menghisap darah manusia. Dia melakukan hal itu agar dia bisa memperoleh asupan nutrisi berupa protein dari dalam darah manusia. Protein tersebut dibutuhkan oleh si nyamuk betina untuk menghasilkan banyak telur. Sementara nyamuk jantan tidak membutuhkan hal yang sama karena dia bisa memperoleh energi dari menghisap nektar bunga atau tumbuhan lainnya.

Akibat gigitan dari nyamuk Aedes Aegypti ini bisa menimbulkan penyakit demam berdarah. Karena aktif pada pagi menjelang siang hari, maka penyakit demam berdarah pada umumnya menyerang mereka yang sedang beraktivitas pagi hingga siang hari. Misalnya, para karyawan yang sedang bekerja di kantor atau para pelajar di sekolahan.

Loading...

Nyamuk-nyamuk ini sangat menyenangi area yang berwarna gelap seperti hitam atau warna merah. Tempat-tempat mereka adalah di daerah yang temaram dan lembab, seperti di kolong-kolong meja belajar maupun meja kerja. Kaki-kaki terjuntai di bawah kolong meja merupakan sasaran empuk dari nyamuk-nyamuk Aedes Aegypti betina yang rakus.

Oleh sebab itu untuk menghindari akibat gigitan nyamuk ini, sebaiknya Anda selalu menjaga kebersihan di lingungan sekitar Anda. Dan, anak-anak sebaiknya dibekali dengan kaus kaki panjang saat bersekolah atau menggunakan losion anti nyamuk. Nyamuk-nyamuk ini bisa diberantas dengan program 3M yang pernah digaungkan di berbagai media. Program 3M, yaitu sebagai berikut.

•  Menguras

•  Menutup

•  Mengubur

Menguras, yaitu menguras bak mandi Anda. Dengan menguras bak mandi dan menyikat dinding-dindingnya, maka tidak ada telur nyamuk yang menempel di sana dan kemudian menetas di dalam air bak mandi yang permukaan airnya bersih dan bening.

Menutup tempat penampungan air, yaitu agar tidak ada seekor nyamuk pun yang bisa masuk dan bertelur di sana. Mengubur, yaitu mengubur barang-barang bekas milik Anda karena barang-barang bekas yang menumpuk begitu saja di pekarangan akan menampung air hujan dan akhirnya mengundang nyamuk datang ke sana untuk bertelur.

Demikian tips untuk menghindari berkembangnya nyamuk penyebab DBD. Lebih baik mencegah daripada mengobati karena akibat gigitan nyamuk Aedes Aegypti dapat menyebabkan kematian. Semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Kelebihan Lenovo ThinkPad terbaru
Sebelumnya: Definisi Pengguguran Bayi Dalam Buku Konsep Kebidanan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar