Akibat Penyakit Maag dan Pengobatannya

Akibat penyakit maag biasanya berupa sakit perut yang sering kambuh. Secara umum masyarakat memahami bahwa sakit maag adalah sakit pada lambung. Kebanyakan disebabkan oleh tidak teraturnya pola makan seseorang. Untuk mempelajari tentang penyakit ini, mari kita simak pembahasan berikut ini.

Sakit Maag dan Akibatnya

Sakit maag atau sakit radang lambung merupakan penyakit yang sering kita jumpai. Banyak orang yang mengeluh menderita penyakit ini. Sakit maag ada yang ringan dan ada pula yang parah, namun menurut ilmu kedokteran ada dua jenis penyakit maag ini, yaitu gastritis akut dan gastritis kronis. Gastritis akut merupakan penyakit maag yang terbatas hanya pada muklosa. Ada juga yang membedakan penyakit maag berdasarkan keparahannya. Ada maag ringan, sedang, maag kronis, dan yang paling parah adalah kanker lambung.

Penyebab dari sakit maag tidak hanya karena sering telat makan saja. Pola makan dan makan-makanan yang kurang sehat, seperti alkohol bisa menjadi penyebab dari sakit maag. Gejalanya berupa sakit perut. Banyak yang kadang menyepelekan hal tersebut karena hanya berupa sakit perut yang kemudian akan hilang sendiri jika diberi obat. Meskipun hanya sekadar sakit perut, namun akibat penyakit maag bisa fatal yaitu berupa kematian. Akibat sakit maag ini perlu dihindari sejak awal. Jangan menyepelekan sakit maag karena bisa bertambah parah sehingga menyulitkan pengobatannya.

Secara umum beberapa gejala penyakit maag antara lain sakit saat buang air besar, sering merasa lapar, perut kembung, nyeri pada perut dan dada, sering bersendawa, dan mual atau muntah. Jika sering mengalami gejala tersebut maka perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut apakah benar sakit maag atau sakit yang lainnya.

Pengobatan Sakit Maag

Sakit maag dapat diminimalkan dengan mengatur pola makanan. Makanan yang dimakan juga makanan yang sehat dan dibolehkan untuk orang yang berpenyakit maag. Obat-obatan bisa saja membantu mengurangi rasa sakit saat penyakit tersebut kambuh. Akan tetapi, obat-obatan tersebut akan percuma saja jika pola hidup penderita tidak berubah menjadi lebih baik. Kesehatan tubuh seseorang dipengaruhi oleh makanan yang dia makan, apalagi jika sudah menderita sakit maag. Sakit maag tersebut akan terus kambuh jika tetap tidak teratur makan.

Pengobatan yang terbaik adalah mengatur makanan dan pola makan. Makan yang teratur dengan jumlah yang pas akan membantu meredakan penyakit ini. Pengaturan pola makan perlu dilakukan secara terus-menerus agar akibat penyakit maag tidak sering kambuh.

Selanjutnya : Pinjam Uang Tanpa Jaminan
Sebelumnya: Tips Merayakan Ulang Tahun ke-17
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...