Akibat Pernikahan Dini Bagi Kesehatan Reproduksi


Akibat pernikahan dini bagi kesehatan reproduksi sangat beragam. Maka kali ini akan kita bahas tentang akibat dari pernikahan dini yang saat ini sedang gencar-gencarnya diiklankan. Memang, anak yang masih di bawah umur akan belum siap untuk melakukan seks dengan suaminya.

Sedangkan jika hal ini dipaksakan maka akan berakibat anak tersebut merasakan kesakitan secara fisiknya. Lebih parahnya, anak tersebut akan merasakan trauma pada saat hubungan seks secara berkepanjangan. Apalagi hingga ia hamil dan melahirkan. Pada saat melakukan hubungan intim lalu terjadi perobekan yang besar karena hubungan seks yang dipaksakan bisa saja menyebabkan infeksi. Apalagi jika hubungan seks dilakukan dengan kekerasan bukan karena suka sama suka.

Sebenarnya seorang anak yang telah mendapatkan menstruasi, maka ia sudah sanggup dan bisa untuk melakukan hubungan seksual serta hamil dan melahirkan. Karena tubuhnya sudah dirancang sedemikian rupa. Jadi, pada saat tubuhnya sudah menstruasi berarti tubuhnya atau secara fisik dia sudah siap menjadi seorang istri dan ibu.

Tergantung bagaimana menyiapkannya secara psikis dan mental. Karena itulah pengetahuan mengenai seks dan lain sebagainya berkenaan dengan tanggung jawab anak untuk menjadi dewasa perlu dipersiapkan sejak dini. Agar ketika anak sudah baligh dan mendapatkan menstruasi ia bisa menjadi naik tingkat menjadi dewasa tidak hanya fisik tapi juga mental, pengetahuan dan sikapnya.

Saat ini banyak yang menikah dini atau muda karena didasari adanya pergaulan bebas. Sebagian besar bahkan menikah bukan karena ingin menikah tapi karena hamil lebih dulu. Karena itu untuk menutupinya maka dinikahkanlah anak tersebut. Tentu kedepannya hal ini akan berakibat buruk.

Secara mental dan psikiis ia masih belum mampu karena ia terjerumus dalam pergaulan bebas walaupun secara fisik ia sudah bisa hamil dan melahirkan. Karena itulah penting untuk membekali anak dengan pengetahuan kesehatan reproduksi, seks dan diimbangi dengan ilmu agama. Saat ini pernikahan dini menjadi hal yang lumrah terjadi pada anak yang dulunya terjebak pada pergaulan bebas namun biasanya hal ini bukannya menjadi solusi malah akan menjadi masalah dikemudian hari.

Akibat pernikahan dini bagi kesehatan reproduksi ini semoga membawa manfaat bagi para pembaca.

Selanjutnya : Tugas Editor Buku
Sebelumnya: Cara Membuat Latar Belakang Masalah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar