Beragam Akibat Punahnya Anoa

Dari hari ke hari, fauna di Indonesia jumlahnya semakin menurun. Salah satu faktornya adalah perburuan liar yang terus menerus dilakukan. Bahkan, kepunahan kini menjadi ancaman banyak bintang, termasuk anoa. Lalu, apa akibat punahnya anoa?

Aksi Perburuan Liar

Seperti yang dijelaskan di atas, perburuan liar menjadi faktor utama menurunnya populasi binatang di Indonesia. Parahnya, perburuan ini terjadi pada hewan-hewan langka. Salah satunya adalah anoa.

Anoa digolongkan sebagai hewan langka, karena jumlah populasinya dari hari ke hari semakin menurun. Hal inilah yang mendorong pemerintah untuk menjaga populasi anoa, agar tetap stabil.

Aksi positif pemerintah ini rupanya tidak disambut baik. Oknum tak bertanggung jawab dengan santai memburu binatang langka ini. Perburuan biasanya dilakukan untuk mengambil bagian daging anoa. Hal ini dikarenakan, di beberapa negara daging anoa sangat disukai.

Anoa termasuk hewan yang sulit untuk ditemukan, tidak heran jika harganya mahal. Bahkan, pada 1970 terjadi kasus perburuan anoa. Namun dalam pernburuan ini, anoa diambil dalam keadaan masih hidup.

Anoa yang masih hidup harganya lebih mahal. Satu ekor anoa hidup harganya bisa mencapai 25 juta rupiah. Tentu saja, nominal tersebut tidak bisa dibilang murah. Hal inilah yang melatarbelakangi para pemburu liar untuk melanjutkan aksinya.

Hilangnya Habitat Anoa

Pada dasarnya, hutan menjadi habitat yang sangat cocok bagi anoa untuk kelangsungan hidupnya. Namun sayangnya, kondisi hutan saat ini semakin memburuk. Kondisi buruk ini sebagian besar disebabkan oleh ulah manusia.

Rusaknya habitat anoa dikarenakan area hutan semakin sempit. Area sempit tersebut dikarenakan adanya perluasan lahan pertanian masyarakat. Selain itu, hutan juga dipakai sebagai pusat pertambangan. Hal inilah yang membuat hutan menjadi rusak.

Habitat anoa juga rusak akibat adanya penebangan pohon secara liar. Menipisnya jumlah pohon di hutan membuat hawa panas. Hawa panas inilah yang membuat anoa keluar dari hutan. Tidak heran, jika anoa bisa masuk ke pemukiman warga.

Demikianlah artikel seputar akibat punahnya anoa. Semoga informasi ini menyadarkan masyarakat untuk bersama-sama menjaga kelestarian hewan langka.

Loading...
Selanjutnya : Politik Reformasi
Sebelumnya: Rambut Tampak Berkilau, Berkat Khasiat Minyak Kemiri
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar