Akibat/Dampak Bandung Lautan Api


Akibat Bandung Lautan Api

Dampak Bandung Lautan Api paling besar dirasakan oleh masyarakat Bandung pada saat itu. Harta benda yang mereka miliki hangus terbakar. Gerakan untuk membumihanguskan Bandung sebagai upaya mencegah dijadikannya Bandung sebagai markas sekutu menyebabkan seluruh masyarakat Bandung harus meninggalkan kampung halamannya dan infrastuktur yang mereka bangun hangus terbakar.

Tidak hanya itu, 2 warga warga Bandung yang menunaikan tugas untuk meledakkan salah satu titik strategis berupa gudang mesiu akhirnya harus ikut terbakar juga ketika melaksanakan tugasnya. Masyarakat Bandung telah kehilangan dua pejuangnya yakni Muhammad Ramdan serta Muhammad Toha.
Dampak Bagi Sekutu

Dengan upaya frontal yang dilakukan oleh masyarakat Bandung untuk menyelamatkan wilayahnya dari kekuasaan sekutu dengan membumihanguskan kota, kerugian apa yang harus diterima sekutu?

Dibanding dengan kerugian yang harus ditanggung oleh rakyat Bandung, kerugian yang diderita sekutu tidaklah seberapa, bahkan bisa dikatakan tidak mengalami kerugian. Mengapa? Karena sejak awal, kedatangan sekutu salah satunya memang bertujuan untuk menghancurkan Bandung.

Beberapa bangunan milik sekutu yang didesain dengan cukup kuat ternyata terbukti mampu bertahan ditengah gempuran upaya penghancuran oleh TKR (Tentara Keamanan Rakyat). Memang ada beberapa bangunan yang rusak, tapi tidak membutuhkan waktu lama untuk memperbaikinya.

Dua tahun setelah terjadinya aksi heroik dari para pejuang Indonesia yang kemudian dikenang sebagai peristiwa Bandoeng Laoetan Api, tepatnya pada tahun 1948, tentara sekutu yakni Belanda berhasil menguasai Bandung pasca dibuatnya Perjanjian Renville pada 17 Januari 1948.

Pada perjanjian ini, Belanda memaksa pemerintah Republik Indonesia untuk mengosongkan daerah Jawa Baratdari seluruh pasukan Republik Indonesia. Peristiwa ini menyusul kegagalan  Agresi Militer yang dialami oleh pejuang Indonesia pada tanggal 20 Juli sampai 4 Agustus 1947.

Bukan penjajah namanya jika tidak memiliki sifat culas dan curang. Gencatan senjata yang disepakati antara Indonesia dan Belanda dilanggar oleh pasukan Belanda yang terus melakukan aksi penyerangan untuk memporakporandakan basis kekuatan dari tentara Indonesia.

Upaya penggempuran ini dilakukan lebih dari enam bulan lamanya. Akibatnya, pasukan Indonesia dari Divisi Siliwangi akhirnya harus pindah ke Jawa Tengah terhitung mulai awal sampai pertengahan Februari 1948.

Demikian sekilas tentang akibat yang ditimbulkan dari salah satu cuplikan sejarah bangsa Indonesia yang popular dengan sebutan Bandung Lautan Api. Dampak bandung lautan apikini telah terukir di hati masyarakat Bandung.

Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Mengenal Norma-norma dalam Undang-Undang
Sebelumnya: Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar