Alasan Islam Diterima dengan Mudah di Indonesia


Alasan Islam diterima dengan mudah di Indonesia yang utama adalah syarat untuk masuk agama Islam sangatlah mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun juga yaitu dengan mengucapkan dua kalimat syahadat.

Penyebaran agama Islam dilaksanakan dengan cara damai tanpa ada kekerasan, memang benar-benar Islam sebagai rahmatan lil’alamin. Apalagi masyarakat Indonesia yang memiliki sifat ramah tamah dan terbuka dengan berbagai macam kebudayaan. Hal ini memudahkan budaya Islam untuk bisa masuk dan menyebar di Indonesia. Padahal agama sebelumnya yang sudah mengakar lama dan berkembang di Indonesia sebelum datangnya Islam ke nusantara adalah agama Hindu dan Budha. Islam datang ke Indonesia waktu itu dibawa oleh pedagang dari Persia, Arab dan dari Gujarat.

Penyebab Lain Islam Mudah Diterima di Indonesia

Berikut ini adalah penyebab lainnya Islam mudah diterima di Indonesia, selain penjelasan sebelumnya, yaitu:

  • Tidak ada pembagian kasta dalam Islam, semua manusia sama di hadapan Tuhan, hal inilah yang dengan mudah diterima oleh seluruh masyarakat.
  • Upacara keagamaan dalam Islam dilakukan dengan sederhana.
  • Untuk melaksanakan ibadah dalam Islam juga dilakukan sederhana dan murah karena tanpa harus menyediakan sesajian.
  • Di akhir abad ke-15 Kerajaan Majapahit runtuh.
  • Yang menyebarkan agama Islam di Indonesia waktu itu memiliki sikap teladan dan pandai menyesuaikan diri dengan masyarakat Indonesia.
  • Agama Islam bersifat terbuka sehingga penyeberan agama Islam bisa dilakukan oleh siapapun dan di manapun;
  • Dalam ajaran Islam diajarkan untuk berbagi dengan yang tidak mampu, agar tercipta kesejahteraan dalam kehidupan bermasyarakat dengan cara adanya kewajiban zakat bagi yang mampu.

Beberapa alasan tersebut di atas itulah yang menjadi alasan Islam diterima dengan mudah di Indonesia, sehingga akhirnya Indonesia memiliki pemeluk agama Islam yang terbesar di dunia.

Proses Penyebaran Islam Di Indonesia

Perdagangan, ini adalah proses pertama Islam disebarkan melalui jalur perdagangan yang dilakukan oleh orang Arab, Persia dan Gujarat, India. Selain berdagang mereka juga melakukan dakwah, bahkan beberapa pedagang Islam tersebut memilih tinggal dan menetap di pesisir pulau Sumatera dan Jawa.

Perkawinan, para pedagang Islam merupakan orang yang dihormati, sehingga banyak orang tua dari pribumi ingin menikahkan anaknya dengan pedagang tersebut.

Politik, ketika banyaknya kerajaan Islam masuk ke nusantara, raja-rajanya berperan aktif dalam penyebaran agama Islam dan melakukan dakwah kepada rakyatnya, sehingga banyak rakyatnya yang masuk Islam.

Pendidikan, dilakukan oleh para ulama, guru agama dan kyai. Dengan melalui pendidikan maka proses penyebaran Islam juga bisa dengan mudah dilakukan.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai alasan Islam diterima dengan mudah di Indonesia dan penyebarannya di nusantara.

Selanjutnya : Cerita Pasutri dan Tips Keluarga Bahagia
Sebelumnya: Cerita Novel Cinta
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar