Alasan Lumut Dapat Tumbuh di Bebatuan


Batu merupakan benda padat, tetapi lumut bisa menempel di sana. Benda padat tentu saja tidak memiliki unsur hara seperti tanah, lalu apa alasan lumut dapat tumbuh di bebatuan? Mungkin selama ini tidak terpikirkan oleh kita mengapa bisa lumut tumbuh dan menempel di batu cadas.

Sebelum kita mencari tahu apa yang menjadi penyebab lumut bisa tumbuh dan menempel di bebatuan, sebaiknya kita lihat dulu jenis-jenis lumut. Ternyata tidak semua lumut itu bisa tumbuh dan menempel di bebatuan, ada jenis lumut khusus yang bisa melakukan itu.

Lumut itu terdiri dari tiga jenis secara garis besar. Ketiga jenis lumut tersebut adalah lumut daun, lumut hati, dan lumut tanduk. Berikut penjelasan singkat mengenai ketiga jenis lumut tersebut.

Lumut Daun

Lumut daun ini disebut juga dengan lumut sejati karena memiliki akar, batang, dan daun seperti tumbuhan. Nah, lumut pada umumnya tidak memiliki akar, batang dan daun, tetapi lumut daun ini pengecualian.

Mengapa? Karena meskipun tidak berpembuluh, lumut ini termasuk dalam divisi Bryophyta, yaitu tumbuhan berspora. Lumut ini tumbuh di atas pasir, rumut-rumputan, rawa, dan di dalam air.

Lumut Hati

Lumut hati ini memiliki struktur tubuh menyerupai akar, batang, dan daun, tetapi tidak terlihat kentara batang dan daunnya seperti tumbuhan sejati. Lumut hati ini memiliki rhizoid. Apa itu rhizoid?

Rhizoid ini semacam zat yang dalam lumut, dengan zat ini lumut hati bisa menempel dan menyerap zat-zat makanan. Dengan demikian terjawab sudah mengapa lumut bisa menempel di bebatuan, karena memiliki rhizoid.

Lumut Tanduk

Lumut yang satu ini merupakan tumbuhan yang tidak berpembuluh tetapi termasuk dalam tumbuhan berspora. Berbeda dengan lumut hati, lumut ini bisa melekat di tanah. Lumut tanduk ini sering kali kita temui di pinggiran danau, sungai atau bisa juga di selokan.

Jadi, lumut yang bisa menempel di bebatuan itu adalah jenis lumut hati. Bisa menempel dikarenakan rhizoid yang ada dalam tubuhnya, yang berfungsi untuk menempel sekaligus menyerap zat-zat makanan.

Tidak usah bingung lagi dengan lumut hati ini, karena kita sudah tahu alasan lumut dapat tumbuh di bebatuan ini karena bantuan dari rhizoid.

Selanjutnya : Gamelan, Alat Musik Suku Jawa yang Mendunia
Sebelumnya: Mengenal Ciri-Ciri Khusus Demokrasi Liberal
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar