Alasan Memilih Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi

Alasan memilih Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi karena malas bertemu dengan rumus-rumus? Jika ya, ubah alasan Anda menjadi alasan yang positif. Misalnya, karena ingin bisa mengatur keuangan atau alasan lainnya. Namun, perlu Anda ketahui bahwa akuntansi memiliki berbagai manfaat yang bisa diterapklan dalam kehidupan.

Manfaat Ilmu Akuntansi

Loading...

Akuntansi merupakan sebuah ilmu yang mempelajari tentang pencatatan, transaksi, pelaporan, pemgikhtisaran, dan berbagai hal yang berhubungan antara pihak-pihak yang bersangkutan, baik intern atau ekstern.

Laporan-laporan yang dibuat antara lain laporan laba rugi, laporan arus kas, laporan neraca, laporan ekuitas, dan sebagainya. Agar laporan-laporan tersebut bisa didapatkan dengan benar, diperlukan tenaga ahli yang disebut akuntan.

Tenaga-tenaga akuntan ini tidak hanya diperlukan oleh perusahaan besar. Perusahaan kecil dan menengah pun membutuhkan tenaga seperti ini. Hal ini disebabkan oleh data-data keuangan sangat dibutuhkan untuk mengetahui rentabilitas, likuiditas, dan solvabilitas perusahaan. Keahlian seperti ini tentu tidak akan dimiliki oleh mereka yang tidak mempelajari ilmu akuntansi.

Memang bisa juga dipelajari secara otodidak, tetapi perlu usaha yang sangat keras untuk memahami prinsip-prinsip penting dalam ilmu akuntansi.

Saat ini, banyak perguruan tinggi yang memiliki jurusan Akuntansi untuk mencetak tenaga-tenaga akunting ahli yang berkualitas. Hal ini terjadi seiring dengan banyaknya permintaan terhadap tenaga akuntan yang andal di lapangan kerja. Banyak perusahaan yang berdiri dan membutuhkan akuntan yang berkualitas.

Selain perguruan tinggi, bahkan akuntansi juga sudah diajarkan di SMK. Banyak SMK yang menyediakan jurusan akuntansi agar lulusannya bisa langsung bekerja.

Kompetensi

Dalam jurusan akuntansi ini, ada beberapa kompetensi yang harus dikuasai oleh seluruh peserta didik. Kompetensi itu antara lain:
•    Pengelolaan bukti transaksi
•    Pengelolaan buku besar
•    Pengelolaan buku jurnal
•    Penyelesaian siklus akuntansi perusahaan yang meliputi perusahaan dagang, jasa, manufaktur, dan perusahaan yang berbasis computer.
•    Pengelolaan akuntansi pajak
•    Pengelolaan transaksi perbankan
•    Komputerisasi akuntansi

Selain kompetensi-kompetensi yang dimiliki oleh peserta didik seperti di atas, ilmu akuntansi juga bisa diterapkan dalam dunia bisnis. Ilmu ini sangat menolong memetakan keuntungan dan kerugian di dalam perusahaan.

Jadi, jika Anda memilih dunia bisnis dan membuka usaha sendiri, tidak perlu lagi mencari akuntan karena bisa menangani sendiri. Kecuali jika sudah tidak memungkinkan sehingga Anda membutuhkan tenaga lain dalam mengurusi akunting perusahaan.

Itulah informasi tentang alasan memilih Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi. Semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Jenis-jenis Barang yang Ada Zakat Maalnya
Sebelumnya: Kredit Motor Bekas dengan Mandiri Syariah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar