Alasan Rumah Adat Berbentuk Panggung

Rumah panggung merupakan salah satu rumah adat yang didesain menyerupai panggung yang seolah-olah melayang di atas tanah. Apa alasan rumah adat berbentuk panggung? Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak artikel berikut baik-baik.

Rumah Adat

Loading...

Rumah adat merupakan peninggalan budaya yang perlu dilestarikan secara turun-temurun. Salah satu rumah adat yang cukup terkenal adalah rumah panggung yang dapat dijumpai di propinsi Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi.

Rumah panggung tidak hanya sekadar didesain dengan memperhatikan unsur seni melainkan juga memperhatikan faktor lain seperti kondisi geografis suatu wilayah. Contohnya saja, di kawasan yang termasuk  dataran rendah.

Di kawasan tersebut rawan sekali terjadi banjir sehingga untuk mengatasinya  rumah-rumah para penduduknya dibuat seperti panggung. Selain untuk mengatasi banjir, desain rumah panggung juga bermanfaat untuk menyediakan daerah resapan air.

Jika diamati secara saksama desain rumah panggung sebenarnya merupakan salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan banjir yang menerpa berbagai kawasan wilayah di Indonesia akhir-akhir ini. Selain itu, bentuk rumah panggung juga cukup menguntungkan karena konstruksi rumah menjadi lebih efisien, membuat pandangan menjadi lebih leluasa serta adanya longkangan yang dapat dijadikan ruang bersama.

Kelebihan Rumah Panggung

Pembuatan rumah panggung dilakukan dengan mengangkat bagian lantai beberapa meter di atas tanah. Ruangan bagian bawah antara lantai dan tanah ini biasanya disebut sebagai longkangan.

Longkangan ini biasanya dimanfaatkan sebagai kandang, gudang, tempat bermain anak-anak, tempat menyimpan perahu atau dibiarkan begitu saja. Salah satu contoh desain rumah panggung salah satunya adalah yang berukuran 6 m x 6 m.

Dalam desain rumah panggung tersebut lantai bagian atas yang dimanfaatkan sebagai kegiatan privat sedangkan bagian longkangan dimanfaatkan sebagai ruang bersama yang bersifat lebih terbuka seperti ruang tamu, ruang tangga, ruang keluarga, ruang makan, dapur, dan kamar mandi. Selain kamar mandi dan ruang tangga, ruang-ruang lain dapat dibuat terbuka tanpa dinding penutup, sehingga tampak lebih menyatu dengan ruang bagian luar.

Untuk mengatur sirkulasi udara dapat dibuat dinding-dinding pengarah beserta kolam yang mengelilingi rumah. Dengan adanya kolam ini nantinya dapat menimbulkan efek sejuk pada ruangan karena terjadinya penguapan air kolam. Pemberian kolam ini sekaligus memberikan nuansa rekreatif tersendiri bagi penghuninya.

Demikianlah ulasan singkat mengenai alasan rumah adat berbentuk panggung. Semoga menginspirasi Anda dalam membuat desain rumah yang tepat dan nyaman.

Loading...
Selanjutnya : Pengertian Budaya Lokal
Sebelumnya: Pinjaman Modal Usaha Peternak Tanpa Agunan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar