Alat-alat Ukur Teknik Mesin


Alat-alat ukur teknik mesin digunakan untuk membantu mengukur secara tepat dan cepat. Terdapat beberapa jenis alat ukur yang umumnya digunakan di bidang teknik mesin. Alat-alat ukur dibedakan menjadi dua jenis, yang pertama adalah  alat-alat ukur yang digunakan secara mekanik dan yang ke dua adalah alat ukur listrik.

Yang  masuk ke dalam alat ukur mekanik adalah penggaris atau mistar baja, kunci momen, dial indicator, dan lain sebagainya. Alat ukur mekanik, sesuai namanya merupakan alat ukur yang digunakan untuk mengukur panjang, tinggi, lebar, panjang kedalaman, dan lain sebagainya. Berikut contoh alat ukur mekanik.

Mikrometer Sekrup

Mikrometer sekrup adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur benda dengan satuan yang memiliki ketelitian 0,001 mm, yaitu digunakan untuk mengukur ketebalan blok-blok, baik di luar dan garis tengah serta dari kerendahan batang-batang pada slot. Terdapat 3 jenis mikrometer sekrup, yaitu sebagai berikut.

•    Mikrometer luar adalah alat ukur yang digunakan untuk memasang ukuran kawat, blok-blok, batang, dan lapisan.

•    Mikrometer dalam adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur bagian tengah atau garis tengah yang terdapat pada benda.

•    Mikrometer kedalaman adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur rendahnya langkah slot.

Alat ukur listrik atau elektrik adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur tegangan atau besarnya listrik, arus, daya tahan, dan tahanan. Alat ukur elektrik biasanya digunakan di bengkel otomotif seperti multimeter atau avometer.

Amplemeter dan Voltmeter

Amplemeter adalah alat yang digunakan untuk mengetahui ukuran besar kecilnya arus listik. Cara penggunaan amplemeter adalah dengan menghubungkan secara seri dengan rangkaian yang akan diukur arus listriknya. Penggunaan alat ukur elektrik ini harus digunakan dengan benar dan hati-hati, karena jika terjadi kesalahan bisa menyebabkan hubungan arus pendek.

Hal itu bisa membuat rusak amplemeter. Sedangkan voltmeter adalah alat ukur untuk mengukur tegangan listrik yang mengalir pada sumber energi, seperti pada aki, generator, dan lain sebagainya. Cara menggunakan voltmeter adalah dengan menggabungkannya secara paralel.

Demikian pembahasan singkat mengenai alat-alat ukur teknik mesin, semoga bisa menambah informasi dan pemahaman mengenai alat-alat ukur teknik mesin.

Selanjutnya : Resep Aneka Nasi Goreng Praktis
Sebelumnya: Pusat Belanja Baju Muslim Di Thamrin City
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar