Teknik dan Alat Analisis Data Kualitatif


Dalam sebuah penelitian dikenal dua jenis penelitian, yaitu penelitian kuantitatif dan penelitian kaulitatif. Teknik dan alat analisis data kualitatif tentu berbeda dengan kuantitatif. Dalam artikel ini akan dibahas sekilas tentang penelitian kualitatif.

Analisis kualitatif merupakan sebuah analisis berdasar pada adanya kaitan semantik antara variabel yang satu dengan variabel lain dalam sebuah penelitian. Tujuan penelitian kualitatif adalah supaya peneliti bisa memaknai hubungan antarvariabel yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah yang telah dirumuskan.

Dalam penelitian kualitatif ini, peneliti tidak berhubungan dengan angka-angka. Prinsip pokoknya adalah menganalisis dan mengolah data yang telah dikumpulkan hingga menjadi data yang teratur, sistematik, terstruktur, dan memiliki makna. Ada beberapa prosedur yang harus dilakukan untuk menganalisis data kualitatif, antara lain sebagai berikut.

Pengorganisasian

Pengorganisasan data dilakukan dengan cara membaca data secara berulang sampai peneliti menemukan data-data yang sesuai dengan apa yang diteliti serta membuang data-data yang dirasa tidak sesuai. Pengategorian, penentuan tema serta pola, dalam langkah ini penulis harus bisa mengelompokkan data hingga polanya bisa terlihat dengan jelas.

Pengujian Hipotesis

Jika pengategorian data sudah dilakukan, langkah selanjutnya adalah menguji hipotesis dengan menggunakan data-data yang sudah ada. Dalam langkah ini, peneliti akan memberikan berbagai keterangan berdasarkan hubungan logika.

Penulisan Laporan

Dalam langkah ini, peneliti harus menuliskan hasil dari penelitian yang sudah dilakukan dengan mendeskripsikan data-data serta hasilnya tersebut.

Ada beberapa model lain yang dapat digunakan untuk menganalisis data kualitatif seperti analisis domain, analisis komponensial, analisis taksonomi, analisis komparasi konstan, dan analisis tema kultural. Pemilihan model analisis ini disesuaikan dengan materi penelitian yang akan dilakukan.

Analisis kualitatif umumnya disajikan dalam berbagai jenis seperti grafik, bagan, atau matriks. Data-data yang sudah dikumpulkan akan dibuat grafik-grafik, bagan, atau matriks, sehingga dapat terlihat hubungan dari variabel-variabel dalam penelitian. Tidak seperti analisis kuantitatif yang menggunakan alat-alat analisis berupa angka, analisis kualitatif lebih pada semantis atau pemaknaan dari data yang dikumpulkan.

Itulah sekilas tentang teknik dan alat analisis data kualitatif. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Teknik Memancing Ikan Mas
Sebelumnya: Aplikasi Akuntansi untuk Bisnis dan Perusahaan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar