Alat Musik dan Pakaian Tari Topeng Asal Cirebon


Tari Topeng merupakan tarian tradisional yang berasal dari daerah Cirebon, Jawa Barat. Tari Topeng memiliki ciri khas pada pemakaian topeng oleh para penarinya. Tari topeng disajikan lengkap dengan sinden serta para pemain musik. Penari Tari Topeng biasanya satu atau beberapa orang. Alat musik dan pakaian Tari Topeng asal Cirebon ini merupakan alat musik tradisional dengan pakaian tradisional juga. Tidak lupa penambahan topeng yang dikenakan penari.

Tari Topeng Bukan Sekadar Tari

Tari tradisional ini memiliki sejarahnya sendiri. Dahulu, saat Cirebon berada di bawah kekuasaan Sunan Gunung Jati. Ada penyerangan yang dilakukan oleh Pageran Welang dari Karawang.  Kesaktian Pangeran Welang terletak pada pedangnya yang memiliki nama Curug Sewu. Sunan Gunung Jati tidak bisa mengalahkan Pangeran Welang. Pada akhirnya, Sunan Gunung Jati memilih kekuatan diplomasi dalam bentuk kesenian. Kesenian yang disajikan adalah seni tari dan mulailah terbentuk kelompok tari.

Nyi Mas Gandasari menjadi penari dalam dilpomasi kesenian tersebut. Pada akhirnya Pangeran Welang jatuh cinta pada Nyi Mas Gadasari, dan menyerahkan pedang saktinya kemudian memutuskan untuk menjadi pengikut dari Sunan Gunung Jati. Tarian tersebut semakin terkenal dan terus berkembang sampai sekarang, dan lebih dikenal dengan nama Tari Topeng.

Alat musik yang dimainkan untuk mengiringi Tari Topeng di antaranya, gendang, rebab, gong, kulanter, ketuk, kecrek, dan bendhe. Perpaduan alat-alat musik tradisional tersebut mengalun dengan harmonis dan berpadu dengan gerakan-gerakan dari Tari Topeng.

Sedangkan pakaian penari Tari Topeng terdiri dari toka-toka, apok, kebaya, sinjang, dan ampreng. Keseluruhannya biasanya berwarna hijau, kuning, dan merah. Kemeriahan warna pakaian yang dipakai oleh penari menambah semarak suasana pertunjukkan Tari Topeng. Segala pernak-pernik yang dipakai penari pun menambah keindahan serta keluwesan gerak tari.

Alat musik dan pakaian Tari Topeng merupakan unsur yang tidak bisa terpisahkan dari pertunjukkan Tari Topeng itu sendiri. Pertunjukkan Tari Topeng pun sampai saat ini tetap dilestarikan oleh para penari serta mereka yang aktif terlibat dalam pertunjukkan Tari Topeng, juga masyarakat Cirebon yang mencintai kesenian Tari Topeng.

Selanjutnya : Menelaah Peta Rute Jalur Surabaya Banyuwangi
Sebelumnya: Tips Memperbagus Wordpress
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar