Alat Musik dari Ambon yang Banyak Dikenal Orang

Alat musik dari Ambon yang banyak dikenal orang. Indonesia merupakan negara yang kaya akan keragaman budaya. Dari keragaman budaya tersebut membentuk budaya nasional. Kebudayaan nasional patut kita jaga dan kita lestarikan. Dari Sabang sampai Merauke, kebudayaan kita tersebar yang jumlahnya tidak hanya ratusan bahkan hingga ribuan.

Salah satu daerah yang menyimpan keragaman budaya yang merupakan aset negara adalah Ambon atau Maluku. Di Ambon sangat beragam kebudayaan yang kita ketahui. Dari lagu daerah, tarian, pakaian, serta rumah adat. Bahkan alat musik yang berasal dari Ambon cukup beragam yang bisa dijadikan wawasan bagi kita untuk lebih mengetahui keanekaragaman budaya yang dimilikinya.

Maluku yang beribukota di Ambon merupakan suatu daerah yang menjadi pusat tujuan utama pariwisata di Indonesia. Terletak di bagian Timur Indonesia yang juga memiliki pesona luar biasa di dunia wisata. Daya tarik pariwisata yang dimilikinya yakni panoramanya, bangunan-bangunan bersejarah yang dimiliki, kebudayaan yang menyertainya dan juga alat musik dari Ambon yang memiliki keanekaragaman.

Pada artikel ini akan diuraikan beberapa alat musik dari Ambon yang akan memberikan wawasan yang luar biasa bagi yang awam mengenai pesona yang ditampilkan di Maluku atau Ambon ini. Yang pertama adalah alat musik tifa.

Tifa yang memiliki keunikan di namanya merupakan alat musik yang bentuknya seperti gendang dan dibuat dari kayu yang tengahnya dilubangi. Kemudian di ujungnya ditutup dengan kulit rrusa yang dikeringkan. Hal tersebut dilakukan tujuannya untuk menghasilkan suara ketika dipukul.

Selanjutnya adalah idiokordo. Nama alat musik dari Ambon ini memang cukup unik dan sulit diucapkan. Merupakan alat musik yang dipetik yang juga disebut tatabuhan. Bentuk dari alat musik ini seperti siter dan memiliki senar. Karena cara memainkannya dengan dipetik senarnya. Bahan utama alat musik ini adalah kayu yang diukir dan dibentuk sedemikian rupa.

Alat musik yang berasal dari Ambon yang selanjutnya adalah gong. Sama halnya dengan daerah lain, di Ambon pun juga mengenal alat musik gong. Alat musik ini termasuk alat musik ritmis atau tidak memiliki nada. Bahannya terbuat dari logam.

Kemudian ada arababu. Merupakan alat musik yang bentuknya seperti rebab dan terbuat dari kayu. Namun yang digunakan sebagai penghasil suaranya adalah bambu.

Selanjutnya adalah korno. Jika dilihat alat musik ini yang paling unik. Dikatakan unik karena bahan pembuatnya bukan dari kayu, bambu, atau kulit hewan. Melainkan alat musik ini dibuat dari cangkang siput dan cara memainkannya dengan cara ditiup.

Demikianlah, beberapa hal yang diketahui dan merupakan tambahan wawasan bagi kita mengenai alat musik dari Ambon yang banyak dikenal orang.

Loading...
Selanjutnya : Alat Transportasi Air pada Abad 19 – Kapal Clipper dan Getek
Sebelumnya: Surat sebagai Sebuah Alat Komunikasi yang Bisa Dibuat dengan Sederhana
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar