Keunikan Gambar Alat Musik Kethuk Kenong


Anda penasaran dengan gambar alat musik Kethuk Kenong?

Di google bisa Anda cari gambar alat musik jenis gamelan ini. Alat ini merupakan satu set instrument mirip gong yang posisinya horisontal, terdapat tali yang ditumpangkan pada bingkai kayu. Selain Kethuk, ada Kenong sebgai instrumen kedua setelah gong.

Kenong memiliki nada yang berhubungan dengan lagu Gendhing. Kethuk punya fungsi yang sama dengan Kenong. Keduanya selalu bermain jalin-menjalin, perbedaannya terletak pada irama bermainnya saja.

Jika Anda mengamati gambar alat musik Kethuk Kenong, Gong terbagi dua atau empat pada kalimat Kenong. Fungsinya, menggarisbawahi struktur Gendhing.

Alat ini bisa memainkan nada yang sama dengan nada balungan. Adapun, Kenongan bergaya cepat, srepegan, dan sampak, Kenong dapat menuntun alur lagu Gendhing dengan indah.

Pernahkah Anda mengikuti latihan gamelan? Jika Anda yang pernah menabuh Kethuk, pasti Anda akan merasakan sensani yang beda di telinga Anda.

Sensasi keindahan suara yang dihasilkan Kethuk ini dikarenakan Kethuk punya peran vital dalam berlangsungnya rangkaian harmoni sebagai pengatur tempo.

Cara Bermain dan Filosofi

Menabuh Kethuk cukup mudah. Hanya ditabuh, alat ini akan mengeluarkan irama tetap dari awal hingga selesai. Pengulangan yang terus menerus dengan irama sama.

Jika Anda menabuh Kethuk dengan pelan maka gamelan yang lain pun akan ikut pelan, jika Anda menabuh dengan kecepatan yang stabil, maka mata Anda dijamin tidak akan bisa ngantuk.

Maka dari itu, pemain Kethuk kadang terkesan marginal. Karena bermain Kethuk sangat membosankan. Tapi tanpa ketuk, rangkaian alat musik lain pun tak bisa menghasilkan suara indah karena set instrumen memang selalu saling berhubungan dan membutuhkan.

Dalam kehidupan nyata, ternyata filosofi Kethuk bisa saja terjadi dalam jejak kehidupan kita. Lihat saja tukang parkir, tukang sol sepatu atau tukang kuli bangunan. Keberadaan mereka sangat vital, tanpa mereka kehidupan tidak mungkin berjalan dengan baik.

Padahal, untuk memainkan keharmonisan yang teratur, kita membutuhkan ‘alat’ yang mungkin saja anggapan orang lain kurang begitu vital.

Kethuk, Kenong merupakan warisan budaya jawa yang harus kita lestarikan, gambar alat musik Kethuk Kenong bisa Anda koleksi untuk dijadikan media pembelajaran alat musik tradisional untuk anak-anak Anda.

Silahkan kunjungi museum alat musik tradisonal atau bisa juga mengunjungi sanggar tari yang biasanya tersedia alat musik seperti Kethuk Kenong.

Selanjutnya : Fungsi Minyak Misik
Sebelumnya: Hari Lahir Bung Karno, Putra Sang Fajar
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar