Beberapa Alat Musik Tradisional Jogja


Bicara tentang alat musik tradisional Jogja, akan ada banyak macamnya seperti gamelan, rebab, dan gendang. Fungsi alat-alat musik tersebut sangat berperan penting dalam sebuah suguhan musik khas Yogyakarta. Pada dasarnya, memang alat-alat tersebut tadi bisa kita jumpai juga di Jawa Tengah maupun di Jawa Barat, seperti gamelan Sunda. Seperti pada gamelan, yang berbeda adalah cara penalaannya.

Untuk menyelaraskan nada pada gamelan, biasanya ada empat cara yang digunakan. Degung, cara menyelaraskan nada dengan degung biasanya digunakan untuk gamelan Sunda di Jawa Barat. Sedangkan, madenda atau diatonois, merupakan penalaan untuk skala minor seperti yang digunakan di Eropa. Untuk di Yogyakarta sendiri, gamelan umumnya terdiri dari dua jenis, yaitu slendro dan pelog. Nada yang dihasilkan gamelan Jogja biasanya lebih lembut jika dibandingkan dengan nada yang dihasilkan gamelan-gamelan khas daerah lain.

Alat musik gendang sendiri adalah satu komponen dalam gamelan. Gendang masuk ke dalam jenis alat musik pukul. Dalam satu set gamelan, biasanya terdapat gendang di dalamnya. Alat musik satu ini biasanya digunakan sebagai pengiring ataupun pelengkan sebuah permainan musik. Karena jenis alat musik ini tidak memiliki tanda nada, maka untuk memainkannya gampang-gampang susah, kita harus menyelaraskan tepukan atau pukulan dengan harmonisasi alat-alat musik lain. Sehingga terciptalah alunan musik yang harmonis.

Selanjutanya, rebab. Alat musik ini memiliki akar dari Timur Tengah. Biasanya, hal ini terlihat dari bunyinya yang khas ketika dimainkan. Rebab muncul di Indonesia pada sekitar abad ke-15. Rebab termasuk ke dalam jenis alat musik petik. Bentuknya memang mirip gitar, namun ukurannya lebih kecil dan terbuat dari kayu serta kulit untuk menutup resonatornya. Tanda nada pada rebab adalah tanda nada pentatonis.

Ketiga alat musik tradisional Jogja tersebut hendaklah selalu kita lestarikan karena juga merupakan warisan budaya nasional. Sebagai generasi muda Indonesia, sudah semestinyalah untuk menjaga kearifan lokal kita. Kalau bukan kita, siapa lagi? Demikian sekelumit tentang beberapa alat musik yang berasal dari Jogja, sebenarnya masih terdapat beberapa yang lain. Jangan khawatir, kita akan bahas di artikel yang selanjutnya.

Selanjutnya : Mengenal Klasifikasi Iklim Matahari
Sebelumnya: Klasifikasi Gunung Api yang Ada di Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar