Alat Ngeluarin Ingus Bayi

Salah satu gangguan yang timbul ketika penyakit flu menyerang adalah ingus di hidung. Selain membuat tidak nyaman, ingus juga menyebabkan nafas menjadi mampat. Bagi orang dewasa, tentu mudah saja untuk mengeluarkan ingus.

Namun, tidak demikian dengan bayi. Bayi belum dapat mengeluarkan ingus sendiri. Mereka membutuhkan bantuan untuk mengeluarkan ingus. Oleh karena itu, alat ngeluarin ingus bayi penting dimiliki oleh setiap orang tua yang memiliki anak bayi.

Nasal Aspirator

Nasal aspirator adalah alat penyedot ingus khusus untuk bayi. Alat ini bentuknya mirip pipet atau pipa. Jika belum pernah mengetahui atau menggunakannya, Anda tidak perlu merasa ngeri. Alat ini sangat aman untuk digunakan. Alat sedot ingus bayi ini umumnya terdiri atas bagian selang pengisap, tabung penampung, dan corong sedotan.

Tabung penampung ingus biasanya terbuat dari kaca. Sementara itu, selang pengisap dan corong sedotan yang akan ditempelkan pada hidung bayi, dibuat dari lateks yang lembut sehingga aman untuk bayi. Alat ngeluarin ingus bayi ini bisa didapatkan di apotek atau toko-toko yang menjual perlengkapan bayi. Merek-merek alat ini, antara lain Pigeon, Chicco, dan Dreambaby.

Bagaimana Menggunakannya?

Penggunaan alat ini tidak sulit. Hanya memang kehati-hatian dan ketenangan diperlukan. Hal ini tentu wajar karena segala hal terkait perawatan bayi memang harus dilakukan dengan hati-hati, cermat, dan sabar.

Berikut langkah-langkah untuk menggunakan alat penyedot ingus bayi.

a. Bersihkan bagian corong penyedot yang akan dimasukkan ke dalam hidung bayi. Pembersihan ini dapat dilakukan dengan cara mensterilkan menggunalan alat untuk mensterilkan  botol. Atau bisa juga menggunakan kapas yang diolesi alkohol 70 %.

b. Buatlah bayi Anda senyaman mungkin sehingga ia akan tenang dan alat penyedot ingus dapat dimasukkan ke dalam hidung dengan tepat secara mudah.

c. Masukkan alat penyedot ingus ke dalam hidung bayi. Namun, tetaplah berhati-hati melakukannya. Hindari memasukkan alat terlalu dalam.  Tekan ujung karet penyedot ketika memasukkan alat ini ke dalam hidung. Kemudian, lepas perlahan ketika sudah ada di dalam hidung.

d. Lakukan penyedotan ingus dengan lembut sehingga hidung bayi Anda tidak teriritasi.

Dengan menggunakan alat ngeluarin ingus bayi, ingus di hidung bayi dapat dibersihkan secara mudah dan aman. Alat ini lebih baik dan lebih steril bila dibandingkan dengan menyedot ingus bayi dengan mulut Anda.

Semoga ulasan singkat dalam artikel ini dapat bermanfaat bagai Anda, khususnya para ibu-ibu muda.

Loading...
Selanjutnya : Cara Membuat Daftar Pustaka dari Berbagai Sumber
Sebelumnya: Apakah Air Jeruk Nipis Bisa Mengecilkan Perut?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar