Alat Periksa Denyut Jantung


Jantung

Jantung merupakan organ terpenting dalam tubuh baik manusia maupun hewan. Selama kehidupan berlangsung, maka jantung akan selalu beraktivitas yaitu untuk memompa darah dan ketika manusia tersebut sudah meninggal, maka aktivitas jantung juga akan terhenti.

Saat jantung memompa darah, maka dapat dirasakan denyut jantung pada bagian tubuh tertentu dan denyut jantung tersebut dapat diperiksa dengan alat periksa denyut jantung.

Alat yang digunakan untuk memeriksa denyut jantung disebut stetoskop. Alat ini merupakan alat yang sering kita lihat dan biasanya selalu digunakan oleh dokter. Bentuknya memanjang dan ada bagian khusus yang diletakkan di telinga dan bagian lainnya digunakan untuk memeriksa denyut jantung, biasanya pada bagian dada, perut atau tangan.

Alat periksa denyut jantung ini berfungsi untuk mengukur atau mengetahui denyut jantung seseorang. Selanjutnya dapat diindikasikan keadaan atau kondisi seseorang melalui pemeriksaan denyut jantung tersebut.

Selain menggunakan alat, sebenarnya denyut jantung bisa diperiksa dan dirasakan sendiri. Jika Anda ingin melakukan pemeriksaan sendiri, cukup memegang bagian tertentu, bagian yang biasanya digunakan adalah leher dan pergelangan tangan.

Pada bagian tersebut Anda dapat merasakan denyut jantung. Denyut jantung menunjukkan berapa kali jantung Anda memompa darah. Untuk orang dewasa yang bukan atlet, denyut jantung normalnya adalah sekitar 60-100 kali per menit.

Selanjutnya Anda bisa menyiapkan stopwatch dan menghitung denyut jantung Anda selama satu menit. Jika denyut jantung Anda kurang dari kisaran normal, mungkin ada sedikit gangguan pada kondisi Anda dan perlu melakukan pemeriksaan ke dokter.

Denyut jantung juga bisa ditingkatkan dengan cara berolahraga. Anda pasti bisa merasakannya sendiri denyut jantung Anda yang berubah menjadi lebih cepat jika selesai berolahraga.

Demikianlah penjelasan seputar alat periksa denyut jantung yang biasa digunakan. Selain alat periksa denyut jantung yang biasa digunakan, ada juga alat yang digunakan untuk memeriksa denyut jantung janin di dalam kandungan. Alat tersebut bernama doppler.

Alat ini biasanya dgunakan oleh dokter kandungan maupun bidan yang digunakan ketika seorang ibu melakukan pemeriksaan kandungannya. Kecanggihan alat-alat kedokteran membuat denyut jantung janin dalam kandungan pun bisa diperiksa.

Selanjutnya : Belajar Bentuk Latihan Karate Dasar
Sebelumnya: Dongeng Rakyat Sasakala dalam Basa Sunda
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar