Apakah Alat Tensi Paling Akurat?

Tekanan darah (tensi) dapat menjadi indikasi tingkat kesehatan seseorang, karena itulah banyak orang mencari alat tensi paling akurat. Ada dua jenis tensimeter yang biasa digunakan, yaitu tensimeter digital dan tensimeter raksa. Berikut ini sedikit penjelasan kedua alat tersebut.

Tensimeter digital

Perkembangan teknologi turut pula memengaruhi pengembagan alat-alat kesehatan. Alat kesehatan semakin canggih. Di samping itu, banyak juga alat kesehatan yang bisa dimiliki oleh masyarakat umum. Penggunaanya cukup mudah tanpa harus memerlukan pelatihan khusus.

Salah satu alat kesehatan yang bisa dioperasikan dengan mudah adalah tensimeter digital. Alat kesehatan seperti ini menggunakan panel dan display digital. Jika pada tensimeter raksa pengukuran tensi harus dipadukan dengan stetoskop, maka tensimeter digital tidak memerlukannya.

Tensi meter digital bekerja denga cara sensor getaran nadi. Getaran nadi terjadi karena adanya darah yang mengalir pada nadi tersebut. Seperti pada penggunaan tensimeter raksa, titik untuk menempelkan alat sensor tensi adala di bagian tubuh yang terdapat pembuluh darah arteri. Biasanya alat sensor ini didesain untuk digunakan di lengan atas.

Tensi meter digital merupakan alat kesehatan yang bisa dimiliki oleh setiap keluarga. Begitu juga dengan pengoperasiaannya yang mudah dan tidak sulit. Tensimeter digital dapat menjadi peralatan kesehatan standar di setiap rumah. Periode pengukuran darah yang dianjurkan adalah minimal enam bulan satu kali, namun dengan tensimeter digital, pengukuran tekanan darah dapat dilakukan setiap saat.

Walaupun mudah digunakan, tensimeter digital memiliki kelemahan. Dibanding dengan tensimeter raksa, tensimeter digital kurang akurat. Hal ini karena tensimeter digital tergantung pada sensor getaran nadi, dimana alat sensor ini mempunyai batas tingkat kepekaan. Apalagi jika baterai sumber tenaga sudah berkurang isinya maka kepekaan sensor akan berkurang pula. Tingkat penyimpangan pengukuran memang tidak terlalu mencolok, namun bagi orang dengan resiko tinggi berpenyakit tekanan darah sebaiknya tidak menggunakan alat ini.

Alat tensi raksa

Tensimeter raksa merupakan alat pengukur tekanan darah paling akurat. Intrumen utama dari alat ini adalah tabung raksa yang telah dilengkapi dengan angka penunjuk tekanan. Penggunaan tensimeter raksa biasa dipadukan dengan stetoskop.

Harga tensimeter raksa cukup mahal untuk ukuran peralatan kesehatan rumah tangga. Oleh karena itu, tensimeter raksa lebih banyak dimiliki oleh dokter atau tenaga medis lainnya. Bahan untuk membuat tensimeter haruslah bahan berkualitas tinggi karena raksa merupakan cairan logam berbahaya sehingga penggunaanya harus sangat hati-hati.
Cara penggunaan tensimeter raksa sedikit rumit. Laju tekanan darah harus dipadukan dengan pengukuran detak jantung. Namun cara seperti ini yang membuat tensimeter raksa lebih akurat dibanding dengan tensimeter jenis lain.

Pemeriksaan rutin lebih baik

Bagi orang dengan risiko tinggi penyakit tekanan darah (baik darah rendah maupun darah tinggi), ada baiknya untuk rutin memeriksakan tekanan darah pada dokter atau tenaga medis lainnya. Memiliki tensimeter digital memang dapat membantu. Namun tensimeter yang paling akurat adalah tensimeter raksa yang lebih banyak dimiliki oleh dokter/tenaga medis. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Jadi, lebih baik untuk menyempatkan diri memeriksakan tekanan darah secara rutin daripada bingung memikirkan alat tensi paling akurat.

Selanjutnya : Apa Itu Holoenzim, Apoenzim, Koenzim?
Sebelumnya: Cara Mengobati Infeksi di Gusi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...