Alat untuk Percetakan Berdasarkan Jenis Percetakan


Untuk memulai usaha percetakan, sebaiknya tentukan terlebih dahulu jenis percetakan yang akan Anda jalani. Karena, dengan menentukan jenis percetakan maka Anda dapat memilih alat-alat untuk percetakan yang pas dan sesuai dengan jenis usaha Anda. Umumnya, kita mengenal dan bisa menemukan empat jenis percetakan di pasaran, yaitu sebagai berikut.

Cetakan Offset

Cetakan offset adalah jenis percetakan yang menggunakan bahan kertas sebagai media cetaknya. Cara kerjanya sebelum dicetak pada mesin cetak. Proses awalnya adalah membuat terlebih dahulu desain, kemudian dibuat filmnya. Sesudah bagian film selesai dikerjakan, kemudian masuk pada tahap mencetak. Cara mencetaknya dilakukan dengan menggunakan film. Percetakan offset biasanya dipakai untuk mencetak buku, leaflet promosi, iklan, dan sebagainya.

Cetakan Sablon

Cetakan sablon dikenal juga dengan sebutan screen printing. Cetak sablon menggunakan teknik saring atau screen. Cara kerjanya, Artwork yang sudah dibuat diafdruk di-screen, hasil afdruk tersebut menjadi alat cetak dengan cara menuangkan tinta kemudian disapu dengan menggunakan rakel (alat yang terbuat dari karet). Percetakan sablon pada umumnya digunakan untuk mencetak pada bahan kaos, kertas, plastik, kain, kaca, dan sebagainya. Cetak sablon adalah cetak yang menggunakan alat sederhana dengan cara manual (dengan menggunakan tangan) tanpa bantuan mesin.

Cetak Digital

Cetak digital atau dikenal juga dengan sebutan digital printing, cara kerjanya dimulai dengan membuat desain yang kemudian dicetak dengan bantuan perangkat komputer dengan menggunakan printer, dan hasilnya akan sesuai dengan apa yang didesain. Percetakan digital umumnya digunakan di kertas atau plastik yang biasa digunakan untuk spanduk. Untuk mencetak spanduk, dibutuhkan alat printer yang besar sesuai dengan ukuran yang biasa digunakan untuk spanduk.

Cetak Air Brush

Cetak air brush adalah cetak yang menggunakan sprayer, yaitu tabung khusus diisi dengan cat yang kemudian disemprotkan dengan dibantu tekanan udara. Cetak air brush biasanya digunakan untuk mural, atau brush pada kendaraan bermotor.

Demikian tiga jenis percetakan dan alat-alat untuk percetakan yang dibutuhkan. Setiap jenis percetakan menggunakan alat yang berbeda satu sama lainnya, hal ini tergantung jenis dan cara kerja cetaknya. Semoga artikel ini dapat menambah informasi.

Selanjutnya : Petunjuk Jumlah Pupuk Yang Diperlukan Di Dalam Budidaya Tomat
Sebelumnya: Resep Aneka Mie Sehat untuk Anak
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar