Beberapa Alat yang Digunakan Dokter untuk Operasi Pasien

Alat yang digunakan dokter untuk operasi pasien sebenarnya sangat banyak. Namun beberapa alat utama yang bisa juga disebut sebagai alat wajib haruslah tersedia di atas meja operasi sebelum dokter mengoperasi pasien. Untuk mengetahui alat utama yang digunakan dalam proses pembedahan, berikut adalah ulasannya.

Pisau Bedah

Loading...

Pisau bedah terdiri atas tangkai pisau dan daun pisau. Tangkai pisau berfungsi sebagai media pegangan dan media untuk menempelkan daun pisau. Sedangkan daun pisau disebut juga sebagai mata pisau bedah. Tangkai pisau dan daun pisau ini adalah satu kesatuan yang tak bisa dipisahkan.

Pisau bedah setidaknya ada dua macam yaitu pisau berujung lancip dan tak lancip. Sedangkan berdasarkan modelnya ada yang bisa diasah dengan tangkai dan daun yang terpisah, ada juga yang tak bisa diasah, yaitu saat pisau tumpul biasanya akan langsung dibuang.

Gunting Bedah

Seperti namanya, gunting bedah memang digunakan untuk menggunting bagian atau organ tubuh yang akan diamati seperti usus, jantung, ginjal, pembuluh darah dan sebagainya.

Gunting yang digunakan dalam proses bedah, sebenarnya sangat banyak macamnya, seperti gunting verbane, gunting metzembaum yang berguna untuk menggunting jaringan tubuh, gunting potts untuk membedah jantung dan pembuluh darah dan gunting benang dengan beberapa model.

Pinset

Pinset adalah alat penjepit yang bisa digunakan untuk mengambil juga menarik bagian atau organ tubuh, memisahkan organ satu dengan lainnya dan sebagainya. Dalam praktik bedah, setidaknya ada dua pinset yang digunakan, yaitu pinset anatomis dan pinset sirurgis. Pinset anatomis dengan ujung pinset yang tidak bergerigi disebut pinset traumatis. Sedangkan pinset sirurgis dengan ujung bergerigi disebut juga dengan pinset atraumatis. Berdasarkan bentuknya, pinset memiliki banyak bentuk, seperti panjang, pendek atau pendek gemuk.

Paku Bedah Bertangkai

Paku berujung lurus ini digunakan untuk merentangkan bagian tubuh pada papan bedah, digunakan juga untuk memisahkan bagian bagian organ tubuh yang renik atau halus dan kecil.

Jarum Bertangkai

Jarum berujung bengkok dan tumpul ini digunakan untuk mengangkat organ tubuh yang berada di bagian bawah. Digunakan juga untuk menelusuri urat atau pembuluh darah agar tidak menimbulkan kerusakan pada organ tersebut.

Demikianlah ulasan singkat tentang beberapa alat yang digunakan dokter untuk operasi pasien. Alat-alat di atas biasanya telah disiapkan sebagai paketan alat bedah utama yang tersimpan dalam dompet kulit bedah.

Loading...
Selanjutnya : Beberapa Cara Pembayaran Perdagangan Internasional di Eropa
Sebelumnya: Alat Optik Proyektor
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar