Aliran Lukisan Michelangelo di antara Aliran-aliran Seni Rupa Lainnya


Michelangelo adalah pelukis ternama yang setara dengan pelukis-pelukis kenamaan lainnya seperti Leonardo Da Vinci, Giovanni Bellini, Giotto, dan Raphael. Aliran seni rupa renainssance adalah aliran lukisan Michelanggelo yang terkenal dengan goresan-goresan kuas alami.

Aliran Lukisan Michelangelo

Aliran lukisan Michelanggelo pertama kali berkembang di Yunani dan Romawi. Sebenarnya bukan Michelangelo yang pertama kali menggagas aliran ini, melainkan Giotto. Saat itu Giotto memprakarsai lukisan-lukisan yang lebih berkesan natural,  humanis, tanpa efek magis, tapi tetap harus mengandalkan intuisi dan kaidah-kaidah seni klasik.

Dari lukisan-lukisan Giotto, maka lahirlah pelukis dengan aliran yang sama yaitu Michelangelo. Michelanggelo terkenal kuat dalam penyampaiaan makna lukisan melalui sapuan warna-warna dari kuasnya. Ia lebih memilih objek yang natural seperti sosok manusia maupun landscape.

Karya yang dihasilkan oleh Giotto dan Michelanggelo terlihat jelas bahwa pelukis-pelukis dalam aliran renaissance adalah pelukis yang teguh mengangkat nilai-nilai seni klasik Yunani. Namun, mereka yang tergabung dalam aliran ini mulai meninggalkan esensi seni agama.

Selain adanya aliran renaissance dalam dunia seni melukis, terdapat pula beberapa aliran lainnya seperti klasikisme, primitivisme, barok, dan impressionisme. Adapun penjelasan masing-masing aliran tersebut adalah sebagai berikut:

• Aliran klasikisme merupakan aliran seni yang ditandai pada lukisan-lukisan dengan peniruan objek benda-benda alam termasuk penggambaran dewa-dewa langit. Oleh karena itu, pelukis-pelukis dalam aliran ini dituntut memiliki intelektual yang tajam dalam hal penggambaran objek-objek yang ditirunya secara detail.

• Aliran primitivisme merupakan aliran seni yang  mengandung esensi spritualis dan kepentingan magis. Contoh lukisan-lukisan hasil karya pelukis aliran primitivisme dapat dilihat pada dinding-dinding gua, lukisan tentang perburuan, lukisan dengan objek nenek moyang, dan lukisan tentang garis tangan manusia.

• Barok merupakan aliran seni yang mengangkat tema tentang perempuan-perempuan cantik dengan gaya-gaya sensual. Lukisan dari aliran barok memang lebih disukai dan dianggap sebagai hiburan mata. Namun ternyata adanya lukisan dari aliran ini justru mencerminkan terjadinya kemunduran pada dunia seni rupa.

• Impressionisme merupakan aliran yang lukisan-lukisannya sekilas tampak belum jadi. Inilah yang menjadi ciri khas dari pelukis-pelukis dengan aliran impressionis.

Demikian aliran lukisan Michelangelo dan aliran seni rupa lainnya. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Nama-nama Rasul dan Tempat Kekuasaannya
Sebelumnya: Awal Kisah Cerita Rumah Kentang
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar