Heavy Metal: Aliran Musik Metallica


Bagi pecinta musik keras pasti tidak asing lagi dengan musik dari band yang satu ini. Aliran musik Metallica pada umumnya adalah metal yang terdiri atas thrash metal, heavy metal, hard rock, dan speed metal.

Wah, dengan mendengarkan musik dari grup band ini pasti Anda akan bertambah semangat tapi jika yang tidak terbiasa mendengarkan musik keras pasti akan sakit kepala dan telinga karenanya.

Aliran Musik Keras

Heavy metal merupakan salah satu aliran dari musik rock yang mengalami perkembangan pada tahun 1970-an yang memiliki akar dari musik psychedelic rock dan blues rock. Ciri dari musik ini adalah adanya suara distorsi gitar yang sangat kuat, kemudian ditambahkan dengan solo gitar yang panjang, serta memiliki ketukan yang cepat di semua alat musiknya.

Oleh karena ini salah satu jenis musik keras makanya lirik musik heavy metal erat kaitannya dengan kejantanan.
Ada banyak band yang mengusung musik heavy metal dalam setiap lagunya, bukan hanya Metallica saja.

Band pertama memberikan nama pada jenis musik ini adalah sebuah band Hard Rock pada tahun 1960-an bernama Steppenwolf dalam lagunya yang berjudul Born To Be Wild.

Penggalan kata heavy metal ada dalam liriknya, yaitu “I like smoke and lightning heavy metal thunder racin’ with the wind And the feelin’ that I’m under”. Namun, jenis musik ini mulai dipakai pada tahun 1960 oleh sebuah band metal terkenal Black Sabbath.

Pada tahun 1960-an jenis musik ini disebut dengan blues rock. Band yang membawakannya adalah AC/DC, Led Zeppelin, Alice Cooper. Pernah disebut juga dengan nama classic rock pada tahun 1970-an dengan band yang membawa aliran ini adalah Deep Purple, Blue Oyster Cult, dan Black Sabbath. Dalam musik classic metal permainan alat musiknya dimainkan dengan riff yang lebih “nge-blues”.

Itulah aliran musik Metallica dan beberapa band terkenal lainnya. Oleh karena musik ini musik keras ada banyak orang yang tidak menyukainya karena menganggap jenis musik ini sangat berisik dan membuat tidak enak telinga. Namun, bagi pecintanya tentu aliran musik ini menjadi semacam penyemangat.

Selanjutnya : Disgby, Software Unik Komputer yang Memiliki Banyak Fungsi
Sebelumnya: Beberapa Contoh Soal-soal Tes Kelayakan untuk Guru SD
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar